Home / HEADLINE

Kamis, 28 Januari 2016 - 14:27 WIB

Wow … 2020 Hanya Sepertiga Orang Indonesia Tinggal di Desa

Desa Merdeka – Jakarta : Lebih dari 50 persen penduduk Indonesia atau sekitar 55 persennya bermukim di kota. Pada 2020 nanti sebanyak dua pertiga penduduk diprediksi tinggal di perkotaan.

Wakil Presiden Asian Development Bank (ADB) Bambang Susanto mengatakan, saat ini di Indonesia sudah banyak desa yang sudah tidak bernuansa desa. Misalnya, lanjut dia, di sepanjang antara Jakarta sampai Cikampek, dulunya terlihat desa semua.

“Sudah urbanisasi, menjadi kota,” ujar Bambang pada seminar bertajuk “Sustainable Infrastructure: Financing Smart City Development” di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Baca Juga :  Desa di Demak Miliki Pasar Desa Online

Bambang juga mengatakan, perkotaan menyumbang 70-80 persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara. Untuk itu, saat ini pemerintah diharapkan bisa menghadapi masalah perkotaan, yakni tantangan kebutuhan dasar penduduknya.

Sebaiknya, menurut Bambang, kota bisa berfungsi sebagai mesin pembangunan ekonomi dan nyaman bagi penduduknya. Kota yang nyaman, lanjut Bambang, harus bisa memenuhi kebutuhan dasar penduduknya antara lain mobilitas, air bersih, dan sanitasi.

Baca Juga :  Departemen Pertanian: Flu Burung Kembali Muncul di Indonesia

Selain itu, tersedianya fasilitas listrik, edukasi, dan kesehatan juga tidak boleh diabaikan. Melalui seminar tersebut, kata Bambang, para pemangku kepentingan bisa mencari model pengembangan kota yang sesuai.

“Misalnya, kota dominan tapi berada di satu pulau saja seperti Fuji, atau dataran tinggi seperti Mongolia. Kita juga cari proporsinya, mana yang lebih bagus. Kalau di sini seperti Bandung yang ingin dikembangkan,” jelas Bambang.  (kompas)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Dana Desa, Kades Tiga Periode Disetujui

HEADLINE

DPR Malas Sidang, RUU Desa sah 2013 Jadi Angin Surga
Eko Sandjojo

HEADLINE

Kemendes Siapkan Rp20 T untuk 4 Juta Lahan Tidur di Desa

HEADLINE

Kemkominfo Targetkan Ratusan Desa Broadband Terpadu

HEADLINE

Presiden Datang, Padi Ciherang Super Ditanam di Boyolali

HEADLINE

Resto bergaya kerajaan Majapahit Kuno

HEADLINE

Menteri Desa Bantah Adanya Pemangkasan Dana Desa

HEADLINE

Pengelolaan Keuangan Desa
WhatsApp WhatsApp Redaksi