Home / HEADLINE

Minggu, 28 Februari 2016 - 21:08 WIB

Wisata Pabrik, Sebuah Alternatif Pengembangan Kekuatan Ekonomi Sebagai Onyek Wisata

Desa Merdeka – Surabaya : Wisata Pabrik, Sebuah Alternatif Pengembangan Kekuatan Ekonomi Sebagai Obyek Wisata minat khusus yang saat ini dikembangkan oleh Indonesia, termasuk di Jawa Timur khususnya di Kota  Surabaya. Tempat wisata ini sebenarnya merupakan pabrik rokok terkenal di Indonesia yaitu SAMPOERNA. Dengan dilengkapi berbagai fasilitas seperti museum, kafe dan aneka merchandise, maka HOUSE OF SAMPOERNA menjadi tempat tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

house-of-sampoerna5

Di tempat itu kita dapat melihat aktivitas pekerja pabrik rokok yang masih mengandalkan kehandalan tangan dalam membuat rokok bercita rasa tinggi. Di samping itu kita dapat juga ikut membuat rokok dengan dipandu pegawai yang sengaja ditempatkan di bagian atas untuk melayani tamu yang datang (lokasi House of Sampoerna terdiri dari 2 tingkat yang dibatasi kaca.

Baca Juga :  Perbedaan Pendamping Desa dan Eks PNPM Menurut Kemendes

Di tingkat kedua merupakan showroom dan di tingkat pertama merupakan pabrik rokok sehingga kita dapat melihat aktivitas pabrik dari ruangan atas). Design ruangan yang menarik membuat kita betah berada di dalam museum untuk melihat bukan hanya sejarah pabrik ini namun juga perjalanan sejarah rokok di Indonesia.

DSCN3240

Keberadaan House of Sampoerna sebenarnya bukan model yang baru dalam pengembangan pariwisata. Di berbagai daerah telah dilakukan hal yang sama dengan penekanan pada kehidupan sehari-hari. Sementara Sampoerna menawarkan sebuah aktivitas profesi yang dapat dilakukan oleh wisatawan.

Baca Juga :  Bermodal RPJMdes dan RKPdes, Desa Bisa Dapat Rp 1,4 Miliar

BACA JUGANEGARA MENDAPATKAN PEMASUKAN YANG TINGGI DARI CUKAI ROKOK

Sebagaimana diketahui, rokok adalah barang yang sangat dikenal oleh masyarakat. Kita juga sering melihat aktivitas pabrik rokok dari televisi. Namun menjalani aktivitas itu tampaknya akan menjadi pengalaman yang menarik untuk kita (terutama saya sebagai wisatawan yang datang ke House of Sampoerna)

Sumber : pariwisata.jogjakota.go.id

Penulis adalah Staf Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Yogyakarta

Share :

Baca Juga

Internet Marketing

HEADLINE

Minat Magang Internet Marketing ? Tingkatkan Omzet Hingga 40%

HEADLINE

Menteri Desa Dukung Peningkatan Produktivitas Perempuan Pesisir

HEADLINE

6 Sifat Miliarder

HEADLINE

Akses Kesehatan Sulit, Banyak Dana Desa Dipakai Bangun Kantor

HEADLINE

Sambut Liburan, Kementerian Pariwisata Luncurkan #PesonaLebaran

HEADLINE

PKB ingin "menguasai" Segala Urusan Desa..?

HEADLINE

Awal Agustus, Penyaluran BLT Dana Desa Capai Rp12,97 Triliun

HEADLINE

Marwan Kukuhkan 278 BUMDes di Parigi Moutong
WhatsApp WhatsApp Redaksi