Home / SIARAN PERS

Rabu, 17 Agustus 2016 - 16:52 WIB

UMK Peringati HUT ke-71 RI: Menristekdikti Tekankan Pentingnya Inovasi

Desa Merdeka – Kudus : Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menritekdikti) Prof. H. Mohamad Nasir Ph.D.,Ak menekankan pentingnya inovasi teknologi dalam membangun ekonomi dan bangsa Indonesia.

Hal itu dikemukakannya melalui sambutan tertulis yang dibacakan Rektor Universitas Muria Kudus (UMK), Dr. Suparnyo SH. MS., dalam upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI di halaman Auditorium Kampus, Rabu (17/8/2016) pagi.

Dia menyampaikan, belum lama ini Indonesia memperingati  Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21. Perayaan Hakteknas ini merupakan wujud penghargaan (apresiasi) atas keberhasilan dan prestasi putera-puteri bangsa Indonesia yang  gemilang di bidang Iptek.

Baca Juga :  Warga Desa Glandang, Tuding Kades Lakukan Penyimpangan

‘’Dalam perayaan Hakteknas, dipamerkan berbagai produk inovasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian dan daya saing bangsa. Yang tak kalah penting, pada kesempatan itu dicanangkan 2016 sebagai Tahun Inovasi,’’ katanya.

Dengan pencanangan Tahun Inovasi, diharapkan ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge  based  economy) dapat segera diwujudkan. ‘’Teknologi dan  inovasi  merupakan  bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia,’’ paparnya.

Menristkedikti bahkan menyebut, inovasi teknologi telah menjadi faktor penggerak  pembangunan. ‘’Pembangunan Indonesia memerlukan inovasi, sebagai tulang punggung industri dan untuk terciptanya ekonomi berbasis pengetahuan. Karenanya, teknologi dan Inovasi harus menjadi bagian hidup untuk memperoleh nilai tambah dari keseharian kita. Dari situlah ekonomi bangsa akan berkembang,’’ tegasnya

Baca Juga :  Dr. Suparnyo SH. MS Dilantik Menjadi Rektor UMK Periode 2016-2020

Guru besar Universitas Diponegoro (Undip) itu menambahkan, inovasi  merupakan  sebuah  proses  yang  antara  lain ditentukan oleh tingkat keberhasilan riset dan pendidikan tinggi.  ‘’Pendidikan tinggi memegang peranan penting mempersiapkan putera-puteri bangsa,  generasi penerus, menjadi inovator,’’ katanya.

Untuk mendukung inovasi teknologi, menurutnya, pemerintah pun berkomitmen untuk meningkatkan kinerja penelitian dan inovasi, ‘’Selain itu, akan  ditingkatkan, terutama dalam peraturan dan regulasi, pendanaan dan peningkatan investasi, peningkatan kualitas dan peremajaan laboratorium, dan beasiswa bagi peneliti,’’ katanya. (*)

Share :

Baca Juga

PUSAT

Sinergi Membangun 1.000 Desa Ekpor | KEPOin DESA #018 Spesial

SIARAN PERS

Di TVone Akan Ada Debat Dari Dalam Kotak

SIARAN PERS

Moeldoko : Kehadiran Mahasiswa di Desa Bisa Membentuk Pikiran Petani Tingkatkan Hasil

SIARAN PERS

Ilmu Psikologi Alami Perkembangan di Berbagai Bidang

SIARAN PERS

MASYARAKAT MBD BUTUH BTS, GEMA-MBD akan BERAKSI

FORUM

Sain Pendant Kalung Kesehatan dengan Simbol Moncong Putih

POLITIK & HUKUM

Strategi penyusunan Pedoman Klarifikasi dan Mutasi Guna Menekan Potensi Turunnya Nilai Barang Sitaan Negara

SIARAN PERS

Perokok Bijak : Cabut Penghargaan Untuk Industri Rokok
WhatsApp WhatsApp Redaksi