Home / PUSAT

Kamis, 25 Februari 2016 - 12:51 WIB

Tahun 2017, Penyaluran Dana Desa 2 Kali dalam Setahun

JIBI/Bisnis/Rachman  PENGHARGAAN LAPORAN TAHUNAN  Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Mardiasmo (kanan) menyerahkan penghargaan peringkat 3 Annual Report Award (ARA) 2013 untuk kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Keuangan Non Listed kepada Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Lantaro pada Malam Penganugerahan ARA 2013 di Jakarta, Kamis (16/10) malam. Penghargaan laporan keuangan tahunan ini melibatkan 249 perusahaan dan 12 dana pensiun. Jumlah peserta meningkat 11,53% dibandingkan dengan jumlah peserta tahun lalu sebanyak 234.

JIBI/Bisnis/Rachman PENGHARGAAN LAPORAN TAHUNAN Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Mardiasmo (kanan) menyerahkan penghargaan peringkat 3 Annual Report Award (ARA) 2013 untuk kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Keuangan Non Listed kepada Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Lantaro pada Malam Penganugerahan ARA 2013 di Jakarta, Kamis (16/10) malam. Penghargaan laporan keuangan tahunan ini melibatkan 249 perusahaan dan 12 dana pensiun. Jumlah peserta meningkat 11,53% dibandingkan dengan jumlah peserta tahun lalu sebanyak 234.

Desa Merdeka – Kemenkeu : Di tahun 2017, mekanisme dana desa akan mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu dari 3 kali penyaluran dalam setahun menjadi 2 kali. Menurut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo Jakarta, 24/02/2016, Kementerian Keuangan saat ini tengah menggodok Peraturan Menteri Keuangan terkait hal tersebut. “Kita kan sedang mempersiapkan PMK dari 3 kali, 40-40-20 (persen) menjadi 2 kali yaitu 60, 40 (persen), dengan periode yang lebih baik Maret – Agustus,” jelas Wamen selepas Rapat Kerja dengan DPD RI, pekan lalu.

Baca Juga :  Dana Desa Langsung Diberi ke Kepala Desa

Ke depannya, kerja sama dengan Dewan Perwakilan Daerah akan dimaksimalkan, dimana para anggota DPD menjadi media penyampai kebijakan pemerintah pusat ke pemerintah daerah. “Kebijakan yang akan datang kita sampaikan senator-senator yang di daerah agar disampaikan ke daerah. Nanti bisa dari daerah sampaikan usulan ke kita, rekomendasi dan sebagainya, akan kita follow up. Sehingga kita bukan hanya riset, tapireal case di daerah jadi policy kita,” papar Mardiasmo.

Baca Juga :  Porsi Dana Desa Makin Jumbo Sebesar Rp 46,9 Triliun

Ia juga menggarisbawahi bahwa input daerah sangat penting bagi pemerintah pusat, agar kebijakan Dana Transfer Daerah dan Dana Desa dapat lebih tajam dan terarah. “Keinginan kita bersama untuk bisa meningkatkan dan menguatkan kapasitas fiskal daerah, sekaligus bagian dari memerangi disparitas. Tantangan kita semua selama ini kan bagaimana membangun yang lebih bagus dan berkualitas, juga mengurangi gap antara yang kaya dan miskin,” tegasnya. |kemenkeu.go.id|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

BNPB: 100 juta bagi desa rawan kebakaran

HEADLINE

Ini Usulan Gubernur BI Soal Penyaluran Bantuan Dana Desa

PUSAT

Perekrutan 16.000 Pendamping Desa Dimulai

HEADLINE

Pilkada Diputuskan Lewat DPRD, Tanpa Partai Demokrat

PUSAT

Menteri Desa: Transmigrasi Solusi bagi TKI

PUSAT

Mahasiswa KKN Diimbau Buat Desa Binaan

PUSAT

Silatnas II Elemen Pendukung Presiden Jokowi Buka Dialoog.

PUSAT

Pelatihan Pembuatan Garam Konsumsi Beriodium LPNU Demak
WhatsApp WhatsApp Redaksi