Home / HEADLINE

Minggu, 2 Oktober 2016 - 12:01 WIB

Surati Bupati, BPD Usulkan Pemberhentian Kades Tampingmojo

BPD Usulkan Pemberhentian Kades Tampingmojo

BPD Usulkan Pemberhentian Kades Tampingmojo

Desa Merdeka – Jombang : Tuntutan sejumlah warga Desa Tampingmojo Kecamatan Tembelang untuk melengserkan M. Na’im dari jabatan Kepala Desa dikabulkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Pada Jumat petang (30/9/2016) Ketua BPD Tampingmojo, Pi’i Setya Buwana telah menandatangani surat usulan pemberhentian kepada Bupati Jombang tentang pemberhentian Kades tersebut. Penandatanganan itu sendiri dilakukan sesaat seusai rapat BPD yang digelar sejak pukul 15.00 sampai pukul 17.30 WIB.

Kordinator Masyarakat Peduli Desa Tampingmojo, Ichwan Sucipto kepada JombangTIMES mengatakan, rapat BPD itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari hasil audiensi warga dengan BPD pada Selasa (25/9/2016). “Intinya audiensi itu meminta kepada BPD untuk meggelar rapat dengan agenda tunggal terkait pemberhentian Kades,” kata Sucipto, Sabtu malam (1/10/2016).

Surat usulan pemberhentian Kepala Desa yang ditujukan kepada Bupati Jombang. (Foto: Muhammad Sholeh/JombangTIMES)

Surat usulan pemberhentian Kepala Desa yang ditujukan kepada Bupati Jombang.
(Foto: Muhammad Sholeh/JombangTIMES)

Sementara Sekretaris BPD, M. Syaifuddin dihubungi secara terpisah pada Sabtu malam (1/10/2016) membenarkan penandatanganan surat usulan pemberhentian tersebut. Juga penandatanganan berita acara rapat oleh 10 orang anggota BPD.

Baca Juga :  Otonomi Desa Adat di Bali Terancam UU Desa

Namun demikian ia menyatakan surat tersebut masih belum bisa dikirim. Surat bernomor 20/415.58.03/BPD/IX/2016 itu rencananya baru akan dikirim ke Bupati pada hari kerja, Senin (3/10/2016).

Disoal kemungkinan adanya tekanan dari pihak tertentu Syaifuddin mengelak. Ia menyebut usulan pemberhentian tersebut murni merupakan hasil rapat BPD. Aspirasi dan tuntutan warga serta ketentuan hukum dan undang-undanglah yang menjadi pertimbangan utama dalam rapat BPD itu.

Menurut Syaifuddin, alasan utama yang menjadi acuan usulan pemberhentian itu adalah kelalaian Kepala Desa yang tidak menyelesaikan LPJ tahun 2015. Kelalaian itu dinilai berdampak pada kinerja pemerintahan desa tahun 2016.

Baca Juga :  Dampak Tanah Bergerak di Banjarnegara Meluas, 450 Jiwa Mengungsi

Sebelumnya diberitakan, sejumlah warga yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Desa Tampingmojo mendesak agar Kepala Desa setempat diberhentikan.

Pada Jumat (26/8/2016), perwakilan mereka beraudiensi dengan Komisi A DPRD Kabupaten Jombang di Kantor DPRD. Mereka meminta Komisi A mengeluarkan rekomendasi pencopotan Kades Tampingmojo dari jabatannya.

Didepan anggota komisi bidang hukum dan pemerintahan itu mereka mengeluhkan sejumlah dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Kepala Desa Tampingmojo. Diantaranya adalah alih fungsi lahan tahun 2009, tukar guling sekitar tahun 2010, dan dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) tahun 2015. |jombangtimes.com|

gambar: Sejumlah warga yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Desa Tampingmojo Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang mengadu ke Komisi A terkait dugaan sejumlah kecurangan yang dilakukan Kepala Desanya, Jumat (26/8/2016). (Foto : Dok. JatimTIMES)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Richard Aktor Korupsi Bank Maluku. Nyali Kasi Penyidik Diuji

HEADLINE

Kasihan !!!! Pegaram, Harga Garam Turun Terus

HEADLINE

Mendes: 2017, Dana Desa Dipakai untuk Pemberdayaan
Kejar Program Pangan Dunia

HEADLINE

Kejar Program Pangan Dunia, Presiden Jokowi Minta Dana Desa Dinaikan Jadi Rp 120 Triliun

HEADLINE

6 Sifat Miliarder

HEADLINE

BNPD : Banyak Kader PKB Jadi Pendamping Desa

DAERAH & DESA

KEMBALI BALON HUKUM TUA MINUT KELUHKAN TEST UJI KOMPENTENSI MINUT YANG TIDAK OBJEKTIF

HEADLINE

Sragen Siapkan 3 Desa Wisata Organik
WhatsApp WhatsApp Redaksi