Home / DAERAH & DESA

Selasa, 3 Februari 2015 - 12:11 WIB

Sambut UU Desa, Jatim Gelar Pelatihan Kades

Desamerdeka – Surabaya Desentralisasi pemerintahan kini sampai hingga desa. Dengan terbitnya UU Nomor 6/2014 tentang desa, aparat pemerintahan desa diberikan kewenangan yang lebih. Salah satunya adalah mengelola dan memanfaatkan dana kucuran APBN.
Mengingat hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur ingin memastikan para kepala desa memiliki kapabilitas cukup dalam mengelola desentralisasi tersebut. Untuk itu, Pemprov Jawa Timur mengumpulkan para kades untuk diberi pelatihan.
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyampaikan, posisi pemerintahan desa dalam stuktur pemerintah sangat penting. Karena, pemerintahan desalah berada paling dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat.
“Meningkatkan kesejahteraan masyarakat memang tujuannya, tetapi yang lebih penting dan harus diperhatikan adalah cara berkomunikasi dengan masyarakat di desa, yaitu secara musyawarah dan mufakat, jangan sampai voting,” kata Soekarwo saat membuka diklat pengembangan kapasitas SDM kepala desa, di Badan Diklat Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Senin (2/2).
Pelatihan Kades
Terkait dengan UU Desa, Soekarwo minta para kepala desa saat merumuskan kebijakan harus melalui musyawarah desa melalui Badan Perwakilan Desa (BPD), atau bisa dengan warga masyarakat secara langsung. Karena, pembangunan berkelanjutan berpusat pada rakyat, inklusif, dan partisipatoris.
Kepala Badan Diklat Jawa Timur Saiful Rachman mengatakan, diklat diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas SDM para kepala desa. Hal tersebut agar kepala desa dapat melaksanakan tugas dan kewenangan lebih baik.
Saiful menyampaikan, untuk putaran pertama tahun 2015, diklat berlangsung tanggal 1-7 Februari dan diikuti 640 orang peserta. Menurut dia, pelatihan dilaksanakan di dua tempat, yakni di Surabaya dan Malang.

Baca Juga :  Satu Lagi Jasad Korban Longsor di Sindangkerta Ditemukan

Sumber : Republika.co.id

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Observatorium Rp 300 Miliar Dibangun di Desa Fatumonas, NTT

DAERAH & DESA

Dalam 2 Bulan, 19 Warga Blitar Tertular HIV/Aids

DAERAH & DESA

Desa Punya Kewenangan Manfaatkan CSR Perusahaan

DAERAH & DESA

Sampai Saat Ini Bandara Temindung Samarinda Belum Dapatkan Pengganti Kalstar

DAERAH & DESA

15 KANTOR DESA SIAP BANGUN DI BOLTIM

DAERAH & DESA

Bulog Sulteng gelar operasi pasar

DAERAH & DESA

AMIR HAMZAH : BANK MALUKU TRANSAKSI DENGAN BROKER , KEHILANGAN Rp.262 MILIAR. DPRD MALUKU HARUS TRANSPARANSI KEPADA RAKYAT.

DAERAH & DESA

Ini Diduga Penyebab Anggota Polres Karawang Tembak Kepala Sendiri
WhatsApp WhatsApp Redaksi