Home / WARNA WARNI

Selasa, 1 Maret 2016 - 23:35 WIB

Ratusan Jabatan Perangkat Desa Kosong, Pemkab Buka Seleksi Terbuka

Perangkat Desa

Perangkat Desa

Desa Merdeka – Boyolali : Sebanyak ratusan jabatan perangkat desa di 261 desa di Boyolali terjadi kekosongan. Kekosongan perangkat desa terjadi karena masa jabatannya sudah habis, pensiun, hingga meninggal dunia.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali, Muh Arief Wardianta, mengatakan tahun ini Pemkab akan membuka pendaftaran calon perangkat desa serentak untuk mengisi kekosongan jabatan perangkat desa. Jadwal seleksi perangkat desa dilakukan pada April.

Namun, jika ada desa yang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pelaksanaan seleksi perangkat desa ditunda Juni.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada kades [kepala desa]. Total ada sekitar 300 kekosongan perangkat desa yang tersebar merata di 261 desa di Boyolali,” ujar Arief saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (29/2/2016).

Baca Juga :  Hacker Indonesia Serang Situs Australia

Ia mengatakan semua aturan seleksi perangkat desa sudah diatur dalam peraturan daerah (Perda) Pengisian Jabatan Perangat Desa yang baru disahkan DPRD 2015. Salah satu syarat calon perangkat desa harus menguasai komputer, lolos ujian tertulis, wawancancara dan mendapatkan rekomendasi dari camat setempat.

“Hasil ujian seleksi tertulis akan diumumkan secara terbuka kepada masyarakat untuk menghindari kecurangan,” kata dia.

Ia menjelaskan perangkat desa terpilih nanti Surat Keputusan (SK) pengangkatannya ditanda tangani oleh kades setempat. Termasuk ketika di tengah jalan perangkat desa terpilih dinilai tidak bisa bekerja, kades bisa memecat tidak terhormat dengan menggeluarkan SK pemberhentian.

Baca Juga :  74 Ketua BPD dan PKK Diperiksa Kejari Serdangbedagai

“Kami meminta kades untuk menghitung dulu kebutuhan perangkat desa yang kosong sebelum membuka lowongan. Rekrutmen perangkat desa harus sesuai dengan SOTK [Struktur Organisasi dan Tata Kerja] baru,” kata dia.

Sementara itu, Camat Simo, Nugroho, mengatakan dari 13 desa yang ada di Simo sebagian besar perangkat desanya banyak yang kosong. Akibat banyaknya perangkat desa yang kosong terpaksa satu orang perangkat desa mendobel pekerjaan.

“Kami berharap pemilihan perangkat desa segera dilakukan agar tidak mengganggu pelayanan di tingkat desa,” kata dia. |solopos.com|

Share :

Baca Juga

WARNA WARNI

Sri Sultan HB X Tokoh Reformasi yang potensial mendampingi Jokowi

WARNA WARNI

Kasus Pungli Kepdes di Gunungkidul, Warga Kembali Segel Balai Desa

WARNA WARNI

Dua Warga Desa Lingga Tewas Diduga Terkena Peluru Polisi
Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Marwan Jafar didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Anwar Sanusi dan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Erani Yustika, melakukan press conference tentang mekanisme penyaluran dana desa. Wahyu Wening/Humas Kemdes PDTT

WARNA WARNI

Mendes Marwan Apresiasi Penggunaan Dana Desa untuk PAUD dan Posyandu

WARNA WARNI

Jabar Berikan Benih Teh & Kopi Bersertifikat

WARNA WARNI

Jadi Anggota Koperasi Banyak Manfaatnya

WARNA WARNI

Aturan Dana Desa Bikin Bingung Kades

WARNA WARNI

KUMD Dumati Dapat bantuan Mesin Jahit dan Las
WhatsApp WhatsApp Redaksi