Home / SIARAN PERS

Sabtu, 3 Desember 2016 - 21:50 WIB

Prodi PBI Hadirkan Akademisi San Jose State University

Desa Merdeka – Kudus : Dalam rangka memperkuat pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam bidang penulisan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadirkan akademisi dari San Jose State University, California, Fabio Coelho.

Kuliah tamu yang diikuti 90-an mahasiswa semester V Prodi PBI ini, digelar mulai pukul 08.30 hingga 11.00 WIB di Aula Masjid Darul Ilmi UMK, Sabtu (3/12/2016), dengan mengusung tema ”Improving Your Writing Academically”.

Pada kesempatan itu, Fabio Coelho secara khusus mengulas mengenai ‘paraphrase’ di depan mahasiswa dan dosen yang datang. ‘’Apa itu paraphrase? Yaitu pembuatan kembali kata dari penulis lain, baik berupa teks, penjelasan, argumen, maupun cerita,’’ katanya.

Baca Juga :  KH. Sofiyan Hadi: Setiap Anak itu Spesial

Penjelasan lain mengenai paraphrase, yaitu prosi dari pernyataan ulang, adalah dengan tujuan untuk pengklasifikasian. ‘’Selain itu, yakni menampilkan gagasan (ide) orang lain, ditampilkan dalam bentuk baru,’’ ungkapnya dalam perkuliahan tamu yang dibuka kepala Prodi PBI, Diah Kurniati S.Pd. M.Pd.

Pemahaman pengkaji atau mahasiswa yang menekuni studi Bahasa Inggris, memahami paraphrase ini sangat penting, karena untuk menunjukkan pemahaman lebih dari sekadar teks. ‘’Selain itu, juga untuk mengefisiensikan penggunaan kata kutipan (quote),’’ jelasnya.

Baca Juga :  Launching Aplikasi Desa Melawan Covid-19 dan eHDW | Bareng Gus Menteri Desa

Kehadiran Fabio Coelho pun menarik para mahasiswa Prodi PBI, karena bisa belajar banyak mengenai Bahasa Inggris dari penutur asli. ‘’Materi kuliah tamu tentang writing ini sangat penting, apalagi kita bisa belajar dari penutus asli,’’ ujar Nanda Dwi Widhynugraha, salah satu mahasiswa.

Mengikuti kuliah tamu ini, dia pun mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman baru yang dinilainya sangat bermanfaat. ‘’Dari sini, saya jadi memahami, ternyata ada cara mudah menulis Bahasa Inggris dengan baik dan benar,’’ katanya diamini Khorid Datul Muniroh, mahasiswa lain. (*)

Share :

Baca Juga

SIARAN PERS

Habiskan Long Weekend di Pasaraya Blok M Serba Diskon 30-40%

HEADLINE

IPPMI Minta Presiden Jokowi Evaluasi Kisruh Rekrutmen Pendamping Desa

SIARAN PERS

Dari Tari Hingga Seni Rupa

SIARAN PERS

Kopertis-UMK Siapkan Turnamen Bulu Tangkis Antar PTS Jawa Tengah
Asosiasi Media Digital Desak Tindak Tegas Konten Berbau SARA di Pilkada

HEADLINE

Asosiasi Media Digital Desak Tindak Tegas Konten Berbau SARA di Pilkada
Koperasi Komunitas Kopi Indonesia

FORUM

Kopi United Gelar The Indonesia Coffee Expo 2018

SIARAN PERS

Tanamkan Nilai-nilai Karakter Melalui Kemah Santri

SIARAN PERS

Infrastruktur melompat jauh, kedaulatan pangan jalan ditempat
WhatsApp WhatsApp Redaksi