Home / HEADLINE

Minggu, 26 Juni 2016 - 21:03 WIB

Presiden Datang, Padi Ciherang Super Ditanam di Boyolali

Desa Merdeka – Boyolali : Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2016 yang dihelat di Boyolali pada September mendatang membawa berkah tersendiri bagi petani di Desa Trayu, Kecamatan Banyudono dan Desa Tanjungsari, Kecamatan Teras. Kedua desa yang bakal menjadi tempat panen raya yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan HPS tersebut, petani mendapat insentif untuk penanaman padi, mulai dari alat pertanian hingga jaminan pembelian hasil panen.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi pertanian (BPTP) Jateng, Ismail Wahab saat sosialisasi pada para petani di Desa Trayu akhir pekan kemarin menjelaskan, lahan seluas 100 hektare di kedua desa tersebut ditanami dengan bibit padi varietas Ciherang Super. Jenis padi ini merupakan varietas unggulan yang baru ditanam dua kali di Indonesia, yakni di Boyolali dan di Jawa Barat. Varietas ini merupakan modifikasi atau pengembangan varietas Ciherang, dengan keunggulan lebih tahan terhadap serangan hama dibanding varietas padi nunggulan lainnya.

Baca Juga :  Stasiun Sepi akan Ditutup, Operator KA Jepang Tunggu Seorang Siswi SMA Lulus

“Penanaman varietas Ciherang Super ini paling luas di Boyolali, sebab penanaman di Jawa Barat luasnya tak mencapai 100 hektare,” kata Wahab.

Selain mendapat benih padi unggulan terbaru, imbuhnya, petani juga mendapat keuntungan jaminan pembelian hasil panen yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada puncak perayaan HPS. Saat ini, sudah ada kepastian bahwa hasil panen akan dibeli oleh sebuah perusahaan dengan harga lebih tinggi Rp 200 per kilogramnya dibanding harga pasar. Untuk proses penanaman dan perawatan, petani juga mendapat bantuan alat-alatb pertanian dari pemerintah.

Baca Juga :  Bahasa Indonesia Bahasa Resmi ASEAN

“Kami juga akan memberikan pendampingan pada petani, sejak pengolahan lahan hingga pasca panen agar pelaksanaan HPS yang diselenggarakan di Boyolali bisa berlangsung lancar dan sukses,” tambahnya. |KRjogja.com|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Persyaratan Tenaga Pendamping Desa 2016

HEADLINE

10 Programmer Indonesia yang Kesuksesannya Patut Dijadikan Inspirasi

HEADLINE

Dijatah Anggaran Rp.198 M, Menpora Janji Maksimalkan Lapangan Desa

HEADLINE

Pungli KTP, pejabat desa di Pamekasan dipecat
Dewan Pakar PA GMNI Gelar Seminar Untuk Beri Isi Ditetapkannya Hari Lahir Pancasila

HEADLINE

Dewan Pakar PA GMNI Gelar Seminar Untuk Beri Isi Ditetapkannya Hari Lahir Pancasila

HEADLINE

97 Persen BLT Dana Desa Telah Tersalurkan, Ini Riciannya

HEADLINE

Peluncuran buku panduan dan menyunting di Wikipedia bahasa Indonesia
Praktik Pungli

HEADLINE

Jika Menemukan Praktik Pungli, Segera Laporkan ke Sini
WhatsApp WhatsApp Redaksi