Home / HEADLINE

Sabtu, 27 Februari 2016 - 05:11 WIB

Porsi Dana Desa Makin Jumbo Sebesar Rp 46,9 Triliun

Desa Merdeka – Jakarta : Mulai tahun ini, penggelontoran dana desa dibagi dalam dua termin. Sebelumnya, dana desa disebarkan dalam tiga tahap. Kini, aturan mainnya tengah digodok agar bisa dijalannkan Maret ini.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, saat ini, Kementerian Keuangan tengah menggodok Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait realisasi dana desa dua kali.

“Kami sedang mempersiapkan PMK dana desa. Sebelumnya digelontorkan sebanyak tiga kali, dengan komposisi 40;40; dan 20 persen, dirubah menjadi dua kali, yaitu 60 dan 40 persen,” papar Mardiasmo di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (26/02/2016).

Baca Juga :  APBN Makin Seret, Kaltim Lirik Swasta

“Dengan pemangkasan ini, dampaknya bakal lebih baik. Diharapkan bisa mulai diterapkan Maret ini,” lanjut mantan Kepala BPKP ini.

Untuk itu, Mardiasmo mengatakan, jika desa-desa bisa cepat mendapatkan dana yang porsinya cukup besar, diharapkan bisa segera dimanfaatkan untuk pembangunan desa secara optimal. “Yah kita harapkan bisa dioptimalkan (dana desa) bagi pembangunan desa,” kata Mardiasmo.

Asal tahu saja, APBN 2016 mengalokasikan anggaran untuk dana desa sebesar Rp 46,9 triliun. Apabila rencana tersebut berjalan mulus maka dana sebesar Rp 28,14 triliun bisa mulai dikucurkan pemerintah pusat pada Maret nanti. Sedangkan sisa yang 40% atau setara Rp 18,75 triliun, dikucurkan pada Agustus 2016.

Baca Juga :  Sony Harry : Membangun Desa Adalah Membangun Konektivitas

Masih menurut Mardiasmo, input daerah sangat penting bagi pemerintah pusat, agar kebijakan dana transfer daerah dan dana desa dapat lebih tajam dan terarah. “Keinginan kami bersama untuk bisa meningkatkan dan menguatkan kapasitas fiskal daerah. Tantangan kita semua selama ini kan, bagaimana membangun yang lebih bagus dan berkualitas,” tandas Mardiasmo. |ekonomi.inilah.com|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Pengelolaan Dana Desa tungguk juklak Kemendes

HEADLINE

Kemendes Usulkan Pagu Anggaran 2017 Sebesar Rp14,8 Triliun

HEADLINE

PPDI Purworejo Demo Bupati

HEADLINE

Calo Perangkat Desa Mulai Gentayangan di Boyolali

HEADLINE

Turis Eropa Saat Ke Alor Favoritkan Desa Takpala

HEADLINE

Gandeng KPK, Kemendes PDTT Berantas Praktik Korupsi di Desa

HEADLINE

Panglima TNI : Kerjasama TNI dan SAF Semakin Kuat

HEADLINE

Dukung Internet Desa, Menkominfo Butuh 7400 Relawan
WhatsApp WhatsApp Redaksi