Home / DAERAH & DESA / HEADLINE

Senin, 4 April 2016 - 12:55 WIB

PENGAWASAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MEMBUAT KAPITALAO KABUPATEN SITARO WAS-WAS

Desa MERDEKA – Sitaro : Para Kapitalao (Kepala Desa) di Kabupaten Sitaro yang terdiri dari pulau Siau, Tagulandang dan Biaro, mereka memastikan dana desa akan dipergunakan sesuai kebutuhan masyarakat yang ada. Namun sesuai pantauan Jurnalis Sulut desa MERDEKA, berdasarkan informasi yang diterima dari para Sekretaris Kampung (Sekam), hal ini membuat was-was sejumlah Kapitalao di kampung-kampung yang ada dan tersebar di pelosok Kabupaten Kepulauan Sitaro

Menanggapi hal ini Bupati Sitaro, Toni Supit.SE.MM menyatakan agar para Kapitalao tak perlu takut. Syaratnya sederhana saja, yaitu dikelolah secara baik dan tepat sasaran, agar target pembangunan kampung dapat berjalan baik dan masyarakat benar-benar merasakannya secara utuh. “jangan takut, asalkan pengunaannya tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat Kampung tersebut,” Tutur Toni Supit.

Baca Juga :  KEMBALI BALON HUKUM TUA MINUT KELUHKAN TEST UJI KOMPENTENSI MINUT YANG TIDAK OBJEKTIF

Setelah ditelusuri, ternyata kekuatiran para Kapitalao adalah terkait pengawasan pengelolaan keuangan desa yang bersumber dari guliran dana desa yang tahun ini naik signifikan, dimana jika terjadi kesalahan sedikit dalam hal pengelolaan dan pembuatan laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), maka kaki para Kapitalao ini akan berpindah pijakannya ke kamar sempit berjeruji besi, alias di bui.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, 400 Orang Hapus Tato Massal di Malang

Supit berharap semua pihak terkait,  baik instansi dinas yang menangani Pemerintahan Desa, Inspektorat, pendamping desa maupun pendamping lokal yang berkompeten untuk hal ini serta masyarakat, dapat memperhatikan kekuatiran para Kapitalao ini dengan sebisanya turut aktif dan concern dalam untuk melakukan pengawasan penggunaan dan pertanggung jawaban dana desa ini, “Pengawasan yang baik akan mendorong pengelolaan yang baik pula”, tandas Bupati Sitaro (FHM/MDC).

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menteri Desa Tolak Tambahan Anggaran Rp500 Miliar di RAPBN-2016

HEADLINE

SEKDES MANGEMBULUDE KEMBALI JABAT PELAKSANA HARIAN SANGADI DI BOLMONG
Jokowi

HEADLINE

Komentar Jokowi soal Isu SARA Pilgub DKI Jakarta

HEADLINE

Pilkada 2018 Maluku Butuh Pemimpin Kepala Terisi

DAERAH & DESA

Legislator Minta Pemerintah Respon Cepat Musibah Banjir Aceh

DAERAH & DESA

Swalayan Bisa Ditutup Jika Menjual Produk Kedaluarsa

HEADLINE

Pilkades Gagal Tersandung Permendagri

HEADLINE

Ribuan Prajurit TNI AD Masuk Desa Jalankan Program TMMD
WhatsApp WhatsApp Redaksi