Home / HEADLINE

Rabu, 16 Maret 2016 - 11:59 WIB

Mulai 2017, Pusat Kucurkan Dana Desa Satu Miliar

Desa Merdeka – Batang : Pemerintah pusat meminta peran aktif pemerintah daerah (pemda) dalam mengawasi dana desa. Salah satu yang bisa dilakukan ialah membuka saluran pengaduan masyarakat atas maladministrasi aparat desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar pun menyatakan bakal memberikan punishment kepada desa yang tidak memenuhi rekomendasi audit inspektorat daerah.

Apalagi, program dana desa pada 2017 memiliki dana yang cukup besar, yakni Rp 1 miliar per desa. Harapannya, dana tersebut pun dapat digunakan secara optimal dan mampu menyejahterakan masyarakat desa.

Baca Juga :  Temui Menteri Marwan, Dubes AS Tawarkan Kerjasama Teknologi Informasi Desa

Marwan pun menegaskan, setiap desa harus menyiapkan sistem pengelolaan keuangan yang baik, yakni secara efektif, efisien, transparan,  dan akuntabel. “Demi tercapainya tujuan pembangunan desa yang diamanatkan dalam Undang-Undang Desa,” kata dia dalam seminar di Batang kemarin (15/3).

Hingga kini, untuk mekanisme punishment yang jelas bagi desa pun, belum ada yang memenuhi rekomendasi audit tersebut. “Seluruh perangkat desa harus terbuka dan siap menjawab pertanyaan dari masyarakat desa,” tutur Marwan. Dengan demikian, prinsip akuntabilitas pun dapat terwujud melalui langkah tersebut.

Baca Juga :  Warga Kulon progo tolak pembebasan lahan NYIA

Bukan hanya itu, kolaborasi pemerintah pusat, daerah, perangkat desa, masyarakat desa, dengan NGO pun harus memiliki visi dan misi yang sama. “Mereka harus menyatukan tekad melaksanakan mandat Undang-Undang Desa secara sungguh-sungguh,” lanjutnya. |jawapos.com|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Kemendes dorong RUU Percepatan Daerah Tertinggal

HEADLINE

Gambar TKI Sakit beredar di Sosmed, Jumhur Angkat Bicara

HEADLINE

Nasib Sejumlah Perangkat Desa secara adat di Minahasa Raya dalam Pemerintahan Desa Tahun 2017

HEADLINE

Produksi Mobil Murah Pedesaan Tengah Digodok Kemperin

HEADLINE

Banyak Bengkok Masih Dikelola Mantan

HEADLINE

Caleg Banyak Melanggar Aturan

HEADLINE

Temui Presiden, Megawati Ingin Adakan Pertemuan Para Ketua Umum Partai

HEADLINE

Menteri Desa: Rekomendasi FGD Terkait aset eks PNPM Rp 12,7 Triliun
WhatsApp WhatsApp Redaksi