Home / WARNA WARNI

Jumat, 11 Desember 2015 - 23:53 WIB

MPI "Maju Perempuan Indonesia"

8

Jakarta-Desamerdeka: MPI lahir pada 9 November 2011 atas pemikiran dan gagasan Ibu Lena Maryana Mukti yang kebetulan juga seorang politisi dan pernah menjabat DPR RI 2004-2009. Ibu Lena biasa di sapa, berpikir bahwa kalangan perempuan kedepan memerlukan wadah berkumpul yang dapat memberikan ruang untuk perempuan serta bisa saling tukar pemikiran atau pendapat antar sesama perempuan tanpa ada sekat organisasi, partai, dan lain sebagainya, tujuannya hanya satu untuk memajukan serta saling mendukung Perempuan Indonesia.

MPI adalah forum tokoh perempuan yang didalamnya terdiri dari latar belakang dan pendidikan yang berbeda-beda. Mereka adalah aktivis kemanusiaan , pendampingan korban, anggota partai politik, tenaga edukatif, anggota organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, lsm perempuan, aktivis mahasiswa, dan juga ibu rumah tangga. Dari latar belakang yang berbeda tersebut MPI mempunyai tujuan yaitu harus saling mendorong sesama perempuan baik dari sisi isu perempuan dan isu politik. Dari semangat tersebut beberapa aktivis perempuan yang memiliki latar belakang dan konsen yang berbeda sering mengadakan pertemuan diskusi dan salah satunya inisiator senior MPI adalah Ibu Yuda Irlang yang juga aktivis senior CSO serta masih banyak nama nama perempuan hebat serta profesional dibidangnya masing-masing yang bergabung di MPI.

Baca Juga :  Orasi Didepan Ribuan Warga Aceh, Anis Matta Beberkan Kelebihan Prabowo Pada debat Kandidat

MPI kerja sama membangun sinergi antara perempuan aktivis LSM/CSO dan akademisi dengan perempuan Politisi terutama perempuan yang ada diranah Legislatif (tingkat daerah Kota dan Kabupaten, Provinsi/DPD RI/DPR RI). Tujuannya adalah untuk melahirkan kebijakan sensitif gender dan sinergi ini terbukti sukses, bahwa telah meloloskan ketentuan affirmasi minimal 30% perempuan didaftar calon legislatif, dan menempatkan yang disebut semi zipper system (minimal 3 caleg perempuan yang diusulkan partai politik) pada UU No.10 tahun 2008 tentang pemilihan umum anggota dari tingkat daerah Kota dan Kabupaten, Provinsi/DPD RI/DPR RI. Oleh karena itu MPI diharapkan dapat menjadi simbol dan simpul gerakan pemikiran aksi perempuan Indonesia yang bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam bidang isu perempuan dan politik

Dalam perjalanan yang lumayan cukup panjang akhirnya, Ibu Lena bersama teman-teman perempuan lainnya, sering mengadakan diskusi forum-forum kecil, dan dari jumlah anggota yang tadinya hanya 58 orang dari kelompok diskusi sosial media, dan sekarang jumlah anggota MPI sudah mencapai ratusan orang. MPI banyak melakukan pertemuan besar untuk membahas isu-isu perempuan dan mengawalnya isu perempuan tersebut dan salah satunya adalah prihal Pilkada serentak. Bahwa banyak melibatkan perempuan-perempuan yang bertarung di dalam pilkada serentak tersebut.
MPI memberikan apresiasi yang sangat besar kepada perempuan-perempuan yang telah berhasil serta menang di pilkada serentak.

Baca Juga :  PRESIDEN bukan Milik Partai, Jangan Takut Partai dan Asing

Dalam pantauan MPI ada sekitar 30an perempuan yang menjadi kepala daerah baik tingkatan kabupaten kota maupun provinsi baik walikota,bupati maupun wakilnya. Kedepan dengan adanya perempuan yang menjadi kepala daerah, MPI berharap, bahwa isu perempuan akan semangkin sensitive di tangan kepala daerah perempuan tersebut, dan bersinergi mengenai kebijakan dan isu perempuan kedepan. Jumat sore (11/12/2015) diadakan pertemuan yang dihadiri puluhan anggota MPI dan telah memutuskan agar MPI di buat menjadi forum yang lebih besar lagi serta akan menarik para kaum perempuan-perempuan untuk bisa bergabung di MPI. Disini Perempuan bisa saling diskusi tentang isu Perempuan, ungkap Ibu Lena mengakhri.

Hidup Perempuan Indonesia, Jayalah Negeriku.
MPI (Maju Perempuan Indonesia)

Share :

Baca Juga

WARNA WARNI

Museum Blanco Ubud – Sejarah, Penghargaan, Alamat & Peta Lokasi

WARNA WARNI

Persyaratan Tenaga Ahli Kabupaten 2016

WARNA WARNI

PEMBINAAN FISIK MENINGKATKAN PERFORMA PRAJURIT DALAM TUGAS TMMD
Bupati MBD Drs.Barnabas Orno

WARNA WARNI

Bupati MBD Rampok Toinaman, Perempuan Usir Buka Telanjang

DAERAH & DESA

Said Assagaf Resmi dan Final Berpasangan Dengan Andre Retanubun.

WARNA WARNI

IPTU Polisi SL Jebloskan Pelapor JJP di Sel Polsek Haruku

WARNA WARNI

Tagar Ganti Presiden berpotensi melawan hukum

WARNA WARNI

Wagub Khawatir Ada Korupsi Besar-besaran di Desa di NTT
WhatsApp WhatsApp Redaksi