Home / PUSAT

Senin, 9 Februari 2015 - 15:30 WIB

Menteri Desa: Transmigrasi Solusi bagi TKI

Desamerdeka – Jakarta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) Marwan Jafar, mempromosikan transmigrasi sebagai solusi konkret masalah bangsa yang cukup pelik, yakni transmigrasi sebagai solusi atasi masalah ketenagakerjaan.
Dalam rilis yang diterima SP, Kamis (5/2), Marwan mengajak masyarakat agar lebih memilih jadi transmigran ketimbang jadi tenaga kerja di luar negeri (TKI), yang jumlahnya sekitar 6,5 juta orang, seperlimanya (1,3 juta) bekerja legal di Malaysia.
“Menjadi transmigran jelas lebih baik, lebih jelas nasibnya, lebih menjanjikan masa depannya ketimbang menjadi pekerja migran di luar negeri tanpa dibarengi skill yang memadai” Menteri Marwan meyakinkan.
Selain harus pisah lama dari keluarga, TKI juga harus menanggung risiko menerima perlakuan yang kurang manusiawi atau risiko terjerat masalah hukum.
Atau mengalami pelecehan seperti iklan RoboVac Malaysia yang menawarkan alat-alat pembersih lantai dan kolam renang, dengan tulisan besar “Fire your Indonesian maid now!” atau “pecat pembantu Indonesia Anda sekarang!”.
Menurut Marwan, memilih program transmigrasi adalah langkah tepat untuk meraih masa depan yang lebih baik.
Transmigrasi
Hal itu dapat dibuktikan dari fakta-fakta keberhasilan program transmigrasi selama ini yang telah mampu memberikan lapangan kerja dan kesejahteraan bagi sekitar 2,2 juta keluarga atau sekitar 8,8 juta transmigran.
Program transmigrasi Juga berhasil membentuk 1.168 desa, 385 kecamatan, dan 104 kabupaten atau kota baru. Bahkan, dua ibu kota provinsi di Indonesia berasal dari unit permukiman transmigrasi, seperti Mamuju ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, dan Tanjung Salor atau Bulungan ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara.
Karena itu, Marwan tak bosan-bosannya mengajak masyarakat memanfaatkan program transmigrasi untuk merubah nasib dan meraih kesejahteraan.
“Ayo ikut transmigrasi saja, gak perlu cari kerja ke luar negeri yang banyak masalah itu. Menjadi transmigran langsung dapat perumahan, dapat biaya hidup setahun, dapat pelatihan kerja, modal kerja dan peralatan kerja, dapat lahan yang jika digarap dengan produktif bisa jadi sumber rezeki yang cukup untuk hidup layak dan sejahtera” ajak Menteri Marwan penuh semangat.

Baca Juga :  Wapres Mau Dana Desa Dibeberkan Online

Sumber : Beritasatu.com

Share :

Baca Juga

PUSAT

Bangun pembangkit 10.000 MW, PLN butuh payung hukum lebih kuat

HEADLINE

Dana Desa di APBNP 2016 Mencapai Rp776 Triliun

PUSAT

Hari Pertama Gubernur Safari Ramadhan di Masjid Darul Hikmah Lubeg

DAERAH & DESA

Desa Perbatasan Menjadi Pintu Gerbang Perdagangan Antar Negara

HEADLINE

Ignatius Jonan menargetkan rasio elektrifikasi 2018 bisa melampaui 97,5 persen

PUSAT

Universitas Mercubuana Gelar Seminar Membahas Tantangan mengembangkan Potensi Sumber Daya Energi & Gas

PUSAT

Bangun Desa di 61 Kabupaten di Indonesia, TNI Kerahkan 9.150 Anggota

HEADLINE

Adanya Gizi Buruk di Kabupaten Asmat
WhatsApp WhatsApp Redaksi