Home / HEADLINE

Rabu, 25 Mei 2016 - 18:49 WIB

Mensos : Desa Sukakerti Akan Dikadikan Kampung Siaga Bencana

Desa Merdeka – Subang : Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa datangi lokasi penampungan dan banjir bandang di Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Subang, Rabu (25/5/16) dimanfaatkan untuk blusukan ke lokasi paling ujung perkampungan yang terdampak banjir. Kerugian materinya sendiri diperkirakan mencapai Rp 15 milyar.

Selain rombongan dari Kementerian dan Wakil Bupati serta pejabat terkait di Pemkab.Subang. Menteri didampingi Kajari, Kapolres dan Dandim 0605 Subang, Letkol Inf.Budi Mawardi Syam. Khofifah mengaku tak percaya dengan adanya laporan kalau banjir yang diduga sebelumnya terjadi longsor di Cisalak cukup dahsyat. Ternyata benar setelah melihat tumpukan batu berukuran besar, terutama batang pohon.

Ia pun menunjuk dan mendekat ke beberapa kendaraan sepeda motor yang masih berada di lokasi, termasuk di pinggir rumah yang jadi rongsokan.

Baca Juga :  Desa Penyangga TNBBBR Sepakati Zona Tradisional

Menurut salah seorang warga, Aris, dirinya memang membuka bengkel di sana tetapi masih beruntung nyawa dan keluarganya  masih selamat.

“Banyak pak yang memiliki motor di sini termasuk yang rasa dengan tanah ada 9 motor, namun  di rumah yang rusak ringan masih terselamatkan juga,” ujarnya.

Menurut Mensos, Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Subang, bakal dijadikan Kampung Siaga Bencana (KSB) oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Nantinya akan dilengkapinya dengan fasilitas ‘lumbung logistik’ atau buffer stok. Di dalamnya, berisi kebutuhan-kebutuhan dasar korban, seperti matras, selimut, kid care dan family kid, serta berbagai kebutuhan dasar yang diperlukan korban.

Baca Juga :  Akhirnya Rp 10 Miliar Dana Desa Cair

Bahkan tambah Mensos, sebenarnya Kabupaten Subang sudah termasuk dari 497 Kampung Siaga Bencana Di Indonesia.

“Kementrian Sosial sebenarnya telah menyiapkan program Kampung Siaga bencana, dari 497 Kampung Siaga Bencana di Indonesia sebenarnya Subang sudah punya 7 hanya saja semuanya merupakan daerah pesisir,”ujarnya.

Tahun ini bisa saja ditambah atas dasar permohonan Dinsos Propinsi Jabar dan Dinas Sosial Kabupaten Subang sebagai antisipasi terjadinya bencana di daerah pergunungan seperti di desa Sukakerti ini yang terindikasi ada kebahayaan longsor. Kampung Siaga Bencana merupakan kampung yang disiapkan warganya untuk mampu menghadapi bencana, mengetahui tentang seluk beluk bencana seperti peringatan dini dan pertolongan pertama saat kejadian bencana. |galamedianews.com|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Pemerintah Harus Mampu Pangkas Kemiskinan Lewat Dana Desa

HEADLINE

LAYAK atau TIDAK, ANGKUTAN LAUT DI MALUKU BERLAYAR ?

HEADLINE

Pesan Khusus Jokowi untuk Kepala Desa

HEADLINE

Puan Kunjungi Desa di Papua, Tempat Bung Karno Menemukan “Garuda”

HEADLINE

Kepala Desa Belum Paham Kelola Dana Desa

HEADLINE

Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa

HEADLINE

Menteri BUMN Dorong Masyarakat Desa Miliki Rumah
Mendes Minta Kades Fokus Bangun Desa

HEADLINE

Mendes Minta Kades Fokus Bangun Desa
WhatsApp WhatsApp Redaksi