Home / DAERAH & DESA

Sabtu, 5 Mei 2018 - 13:13 WIB

Margin Keuntungan Tengkulak Gabah Tipis

Desa Merdeka – Purwokerto : Ketua DPW Petani Jateng Dumadi Tri Restiyanto melakukan kunjungan kepada petani dan tengkulak gabah di Purworejo. Para tengkulak mengeluh karena harga beli gabah kering giling di petani bertahan di angka Rp. 5000,00 per kilogram sedangkan harga jual beras menurun pada titik Rp. 700,00 Per kilogram. Sedangkan angka selisih tersebut telah merupakan angka yang memang diharapkan. Sedangkan angka selisih petani dan pembeli cukup besar. Kelesuan tengkulak adalah melihat dari sisi impor, namun di sisi lain program petani terpadu dan keterbukaan informasi meningkatkan kemampuan petani untuk meningkatkan harga penjualan mereka.

Baca Juga :  Camat Gili Genting Sumenep Diduga Sunat Dana Desa

Di sisi lain petani harus meningkatkan manajemen penjualan mereka sehingga mampu memiliki nilai tawar.Konversi pupuk kimia ke organik perlu ditingkatkan dimana petani harus mendapat jaminan pemerintah atas timelige petani di satu sisi dan pemerintah harus melakukan terjadwal agar ada pengganti penurunan hasil sementara dari petani baik bertahap tiap propinsi; kabupaten dan kota. Sehingga tercapai proses hasil pangan yang sehat berbasis Ekologi.

Petani secara kelompok harus mampu menekan biaya dengan inovasi inovasi dalam teknik produk dan Marketing. Sehingga petani bisa memiliki nilai tawar yang menyebabkan petani menjual produk memiliki nilai lebih dari beras impor karena beras hasil petani Indonesia lebih sehat dengan berbasis Ekologi. Sehingga ada efek jera bagi tengkulak dan pemburu rente dalam mengimpor beras luar negeri. Sehingga mereka tidak berani lagi impor beras karena konsumen memilih beras Petani Indonesia. Disampaikan itu program beras sehat berbasis Ekologi dapat merata di masyarakat atau konsumen.

Baca Juga :  Penyandang Disabilitas Keluhkan Formasi Ecek-ecek di Perusahaan

 

Ditulis oleh Dumadi Tri Restiyanto
Ketua DPW Petani Jateng

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

31 Persen Penduduk Maluku Belum Terdaftar BPJS.

DAERAH & DESA

Dana ADD Diduga Ditilep Raja Waisamu dan Raja Oma

DAERAH & DESA

SK 133 CPNS Online Kabupaten SBB Dimainkan Bupati

DAERAH & DESA

Rakornas BaraJP di Rote Ndau akan ditutup Presiden Joko Widodo

DAERAH & DESA

4 Orang Tenggelam di Curug Teko, Tiga Tewas Satu Hilang

DAERAH & DESA

Maluku Termasuk Dalam 4 Kategori Korupsi .

DAERAH & DESA

Kelebihan Muatan, Truk Angkut Terigu Terguling di Depan Pos Polisi

DAERAH & DESA

Kasihan Warung Air Kedungmalang Jepara Tak Kucurkan Air Lagi
WhatsApp WhatsApp Redaksi