Home / HEADLINE / WISATA

Selasa, 27 Desember 2016 - 21:59 WIB

Lulusan Pariwisata, Mesti Bisa Diberdayakan di Desa Masing-Masing

Desa Merdeka – Denpasar : Beberapa pelaku pariwisata di Bali berharap agar lulusan perguruan tinggi pariwisata di Bali dapat diberdayakan di desanya masing-masing. Dengan demikian, dapat terlibat sebagai pelaku pariwisata di desanya masing-masing juga.

President Director Bali Adventure Tours, Made Yanie, Selasa (27/12) di Denpasar mengatakan, setiap desa di Bali memiliki karakteristik tersendiri yang dapat menjadi daya tarik wisata. Akan tetapi, potensi wisata yang ada di masing-masing desa itu harus dikembangkan sehingga, mampu menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi wisatawan mancanegara.

“Dalam pengembangan potensi inilah diperlukan peran dan keterlibatan para lulusan akademi pariwisata, agar dapat dikelola secara profesional. Di Bali kan banyak ada lulusan sekolah pariwisata yang berasal dari desa mana saja, kenapa tidak kita optimalkan atau berdayakan mereka di desanya masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga :  Menteri Desa Dukung Peningkatan Produktivitas Perempuan Pesisir

Selain mengembangkan potensi wisata di desa. Dan dengan berbekal pengetahuan yang telah didapat saat  kuliah, setidaknya akan dapat di berdayakan didesanya secara maksimal. “Mereka bisa diberdayakan dalam pengembangan pariwisata di desanya serta, bisa dipekerjakan di desanya. Hal ini juga bisa menekan angka urbanisasi,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan mantan Ketua Bali Tourism Board (BTB), Ida Bagus Ngurah Wijaya menyampaikan, sekarang ini banyak desa yang menjadi obyek wisata, namun belum dikelola secara profesional. Potensi wisata yang ada di desa mestinya, dikelola dengan baik agar desa tersebut mendapatkan pemasukan. “Jika dikelola dengan baik maka otomatis desa itu akan menghasilkan pendapatan dari sektor pariwisata.

Baca Juga :  BUPATI MBD BO HARUS BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEJAHATAN DIWILAYAH MBD

Pemasukan ini bisa digunakan untuk menggaji para lulusan pariwisata yang diperkerjakan atau diberdayakan di desa itu. Dengan demikian pariwisata di desa akan mampu maju dan wisatawan pun akan tertarik datang  untuk melakukan berbagai aktivitas wisata bahkan bisa juga menginap,” ucapnya.

Disampaikan, di desa banyak aktivitas yang bisa dilakukan turis, seperti halnya jalan-jalan menelusuri desa, berinteraksi dengan warga setempat, naik sepeda dan kegiatan wisata lainnya.  Wijaya sembari menambahkan, kedepan wisata mengunjungi desa yang akan banyak diminati wisatawan, bahkan marketnya pun tidak sedikit terutama wisatawan asal Eropa, Amerika baik tua maupun muda. Bahkan Asia pun akhir-akhir ini sudah mulai tertarik berwisata ke desa-desa. (Fajar Bali)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Hindari Sengketa, Pemetaan Lahan Dilakukan Per Desa

HEADLINE

Pukul Mundur Freeport McMoran

HEADLINE

Caleg Dilarang Pasang Baliho di Desa

HEADLINE

Gempa bumi mengguncang pantai Mesir dan Kanto Jepang

HEADLINE

Alur Pendaftaran Pendamping Desa 2016

HEADLINE

Malu

HEADLINE

Janji Jokowi Undang Petani ke Istana Sudah Ditepati

HEADLINE

PPDI Purworejo Demo Bupati
WhatsApp WhatsApp Redaksi