Home / PUSAT / SIARAN PERS / VIDEO

Rabu, 13 Mei 2020 - 03:05 WIB

Lahan Transmigrasi untuk Pangan di Musim Pandemi | Konferensi Pers Gus Menteri

Mengantisipasi peringatan kesulitan pangan di musim pandemic Covid-19 dari Organisasi Pangan Internasional (FAO), Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi mengajukan intensifikasi 1,8 juta hektare (Ha) lahan pertanian di 3,2 juta Ha kawasan transmigrasi.

Intensifikasi lahan adalah alternatif mempercepat perolehan hasil panen, yang bisa dijalankan sebelum ekstensifikasi atau pencetakan sawah selesai dilakukan. Hasil panen bisa segera diperoleh pada masa tanam musim kemarau Mei-Agustus 2020 dengan menanam varietas padi yang tahan pasokan sedikit air.

Selanjutnya, pada musim tanam September-Desember 2020 ditanam padi yang sarat kebutuhan air. Saat ini produktivitas padi di lahan transmigrasi 5 ton/Ha. Namun, pada kawasan transmigrasi yang lebih maju, produktivitas lahan mencapai 9,56 ton/Ha.

Artinya, intensifikasi lahan transmigrasi bisa meningkatkan produktivitas setidaknya sampai 10 ton/Ha. Dengan demikian, 1 juta Ha lahan sawah dapat menyangga ketahanan pangan melalui produksi 5 juta ton padi saat ini, yang bisa ditingkatkan menjadi 10 juta ton padi melalui intensifikasi.

Sebanyak 0,8 juta Ha lainnya saat ini ditanami tanaman perkebunan, yang bisa dikembangkan menjadi tumpang sari tanaman pangan. Setidaknya 4 juta ton padi dapat dipanen pada lahan tumpang sari. Sehingga, total cadangan pangan yang diproduksi lahan pertanian transmigrasi mencapi 14 juta ton padi.

 

Share :

Baca Juga

PUSAT

Dr. Muhamad AS.Hikam : ANALISIS WTO & INDONESIA 2014

SIARAN PERS

Tiga Strategi Membangun Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan

FORUM

Tips dan Trik Produk BUMDes laku di Marketplace | Kuliah Online #11

DAERAH & DESA

PMI Kabupaten Demak Adakan Pelatihan SIBAT di Wedung

FORUM

Natal Tiberias, di Padati Ribuan Jemaat Se-Jabodetabek

HEADLINE

Ignatius Jonan menargetkan rasio elektrifikasi 2018 bisa melampaui 97,5 persen

SIARAN PERS

Peserta KMD PGSD UMK Lakukan Tepuk Pramuka Terlama

DAERAH & DESA

Dana Desa cair 2017, Bupati agar proaktif
WhatsApp WhatsApp Redaksi