Home / PUSAT / SIARAN PERS / VIDEO

Rabu, 13 Mei 2020 - 03:05 WIB

Lahan Transmigrasi untuk Pangan di Musim Pandemi | Konferensi Pers Gus Menteri

Mengantisipasi peringatan kesulitan pangan di musim pandemic Covid-19 dari Organisasi Pangan Internasional (FAO), Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi mengajukan intensifikasi 1,8 juta hektare (Ha) lahan pertanian di 3,2 juta Ha kawasan transmigrasi.

Intensifikasi lahan adalah alternatif mempercepat perolehan hasil panen, yang bisa dijalankan sebelum ekstensifikasi atau pencetakan sawah selesai dilakukan. Hasil panen bisa segera diperoleh pada masa tanam musim kemarau Mei-Agustus 2020 dengan menanam varietas padi yang tahan pasokan sedikit air.

Selanjutnya, pada musim tanam September-Desember 2020 ditanam padi yang sarat kebutuhan air. Saat ini produktivitas padi di lahan transmigrasi 5 ton/Ha. Namun, pada kawasan transmigrasi yang lebih maju, produktivitas lahan mencapai 9,56 ton/Ha.

Artinya, intensifikasi lahan transmigrasi bisa meningkatkan produktivitas setidaknya sampai 10 ton/Ha. Dengan demikian, 1 juta Ha lahan sawah dapat menyangga ketahanan pangan melalui produksi 5 juta ton padi saat ini, yang bisa ditingkatkan menjadi 10 juta ton padi melalui intensifikasi.

Sebanyak 0,8 juta Ha lainnya saat ini ditanami tanaman perkebunan, yang bisa dikembangkan menjadi tumpang sari tanaman pangan. Setidaknya 4 juta ton padi dapat dipanen pada lahan tumpang sari. Sehingga, total cadangan pangan yang diproduksi lahan pertanian transmigrasi mencapi 14 juta ton padi.

 

Share :

Baca Juga

FORUM

DKN Garda Bangsa PKB Launching Buku 'Mengapa Nahdliyin Pilih Jokowi'
43 PTS Ikuti Invitasi Bulu Tangkis Tingkat Jateng

SIARAN PERS

43 PTS Ikuti Invitasi Bulu Tangkis Tingkat Jateng

SIARAN PERS

Pertama Kali, Pemilihan Presiden BEM UMK Melalui Pemira

PUSAT

Demplot Meja Kristalisasi Memakai Isolator Masuk Liputan Metro TV

HEADLINE

Anwar Sanusi : Inkubasi Inovasi Dorong Desa Tingkatkan Ekonomi

HEADLINE

Istri Terima BLT Masuk Rekening Bank, Suami Curiga Istri Selingkuh

SIARAN PERS

Sastrawan dan Seniman Kenamaan Jadi Juri Peksimida di UMK

DAERAH & DESA

Aktivis Anti Korupsi akan Menyurati Mabes Polri agar Polda Maluku Pertanggung jawabkan kasus MBD.
WhatsApp WhatsApp Redaksi