Home / HEADLINE / PUSAT

Senin, 7 Maret 2016 - 15:35 WIB

Kualitas Program Dana Desa 2016 Akan Diperdalam

Desa Merdeka – JAKARTA : Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kemendes PDTT, Ahmad Erani Yustika, mengatakan program dana desa tahun 2016 akan dilakukan pendalaman kualitas secara pendistribusian maupun implementasinya. Hal ini dilakukan, agar kualitas program jauh lebih bagus dan manfaat jauh lebih dirasakan masyarakat desa.

“Dana desa punya tanggung jawab sejarah agar desa bisa terlayani semua. Dana desa tahun 2015 sudah banyak membantu pembangunan desa-desa. Tahun ini, akan ada pendalaman lebih, artinya kualitasnya jauh lebih bagus dan manfaatnya bagi desa jauh lebih terasa,” ujar Erani di Jakarta, Senin (7/3).

Baca Juga :  EKS FASILITATOR PNPM‎ JADI PENDAMPING DESA HARUS IKUT ATURAN

Terkait hal tersebut, dia juga meminta peran aktif seluruh masyarakat desa, agar turut mengawasi penggunaan dana desa. Sebab, keterlibatan masyarakat dalam mengawasi dana desa telah dilindungi oleh undang-undang.

“Masyarakat memiliki hak untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan di desa, dan juga penyelenggaraan pemerintahan desa. Hal ini jelas-jelas dijamin di dalam pasal 68 ayat (1) UU No 6 tahun 2014 tentang Desa,” terang Erani.

Baca Juga :  Proses Rekrutmen Pendamping Desa Dimulai Pekan Ini

Terlebih lagi Dia juga mengungkapkan bahwa, penggunaan dana desa telah memberikan berbagai dampak positif terhadap desa. Sejak adanya dana desa, gini rasio di desa menurun dari 0,33% menjadi 0,27%.

“Ini memang tidak begitu kelihatan seperti mercusuar. Tapi ini langsung dirasakan masyarakat desa,” katanya. |RadarPena.com|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Tarmizi : Fasiltator PNPM Bisa Diperpanjang

HEADLINE

Camat dan Ka BPMD Kecolongan Kawal Rekrutmen Perangkat Desa

HEADLINE

Pendamping Dana Desa Bisa Direkrut dari PNPM Mandiri

HEADLINE

Menteri PUPR Resmikan Rusun Santri Di Desa Reksosari

HEADLINE

Evitamala Hadir di Grand Dian Hotel Brebes

HEADLINE

PROGRAM 1 DESA 1 LAPANGAN JADI PONDASI SEPAKBOLA NASIONAL

PUSAT

KPK Minta DPR Awasi Kementerian Desa

HEADLINE

Perdagangan Karbon untuk Indonesia
WhatsApp WhatsApp Redaksi