Home / HEADLINE

Sabtu, 30 Juli 2016 - 23:45 WIB

Ketua DPRD Parimo ‘Kuasai’ Paket Proyek berkedok dana aspirasi

Desa Merdeka – Parimo : Ketua DPRD Parigi Moutong (Parimo), Santo, tahun ini dikabarkan ‘menguasai’ sejumlah paket proyek. Kabarnya, politisi partai Gerindra itu bisa ‘meraup’ banyak paket pekerjaan lantaran berkedok dana aspirasi.

Berdasarkan penelusuran, di Dinas Pekerjaan Umum (PU) tercatat puluhan miliar titipan aspirasi yang dikonversi menjadi paket proyek yang diduga sejumlah paket di dalamnya milik ketua DPRD Parimo.

Demikian juga pada Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Parimo, sekitar lima hingga tujuh paket disebut-sebut milik ketua DPRD Santo. Masih dalam penelusuran media ini, di beberapa titik pekerjaan, pihak pekerja mengakui kalau proyek yang mereka kerjakan adalah milik Santo.

Adanya dugaan ‘menguasai’ proyek oleh ketua DPRD Parimo itu mendapat tanggapan dari Sekretaris Aspekindo Parimo, Arifin Lamalindu. Kepada wartawan Arifin mengaku kecewa dengan adanya isu ketua DPRD mengerjakan sendiri paket proyek.

“Kok bisa Ketua DPRD Parimo kerjakan sendiri paket itu, memang dia kontraktor? Perlu dipertimbangkan kedepannya, tidak boleh lagi kita punya keterwakilan yang punya mental seperti itu,” ucap Arifin.

Kata Arifin, terkait pekerjaan proyek sudah ada yang memiliki kualifikasi, yaitu kontraktor, bukan DPRD. Legislatif itu hanya memiliki fungsi pengawasan, bukan memainkan proyek.

Baca Juga :  Menteri LHK: perhutanan sosial, hutan untuk rakyat

Ia menjelaskan, akibat ‘latahnya’ ketua DPRD Parimo ‘main’ proyek tentunya akan memengaruhi fungsi pengawasan dari lembaga DPRD selaku mitra dari eksekutif. “Dia yang mengawasi dia juga yang main proyek, mau jadi apa daerah ini?” ketusnya.

Arifin berharap, kedepannya Bupati Parimo harus lebih ketat lagi mengawal proses penyaluran dana aspirasi. Ketua DPRD Parimo, Santo yang dikonfirmasi membantah tudingan tersebut. Ia mengaku hanya menjadi jembatan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi yang belum terakomodir oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Santo mencontohkan paket di Desa Jononunu yang berdasarkan masukan dari kepala desa. Katanya, atas masukan itu maka diadakanlah sesuai kebutuhan. Disinggung apakah pekerjaan itu dikerjakannya sendiri, Santo tetap mengelak. Ia justru menjawab bahwa ia hanya sebatas menjembatani kepentingan rakyat. “Saya hanya menjembatani saja pak,” tutup Santo.

Wabup Parimo Tinjau Sejumlah Proyek

Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo) Badrun Nggai pekan kemarin meninjau sejumlah proyek pekerjaan konstruksi tahun anggaran 2016  di wilayah Utara Parimo. Dalam peninjauan tersebut Badrun didampingi staf ahli bidang ESDM dan kepala Bidang Binamarga Dinas PU Parimo.

Baca Juga :  PEMBERIAN NAMA BANDARA DENGAN NAMA ISTRI BUPATI MBD ADALAH PELANGGARAN ETIKA MASYARAKAT MOA

Badrun mengatakan, peninjauan itu dilakukan untuk menyaksikan langsung, sejauh mana dan seperti apa kondisi pekerjaan di lapangan yang dilakukan pihak rekanan.

Sejumlah pekerjaan yang ditinjau orang nomor dua di Parimo itu diantaranya rehabilitasi jaringan irigasi Tinombo Selatan di Desa Segenti, pembangunan kantor UPTD Disdik Desa Maninili, peninjauan talud Desa Sidoan Barat, pembangunan jembatan Desa Lombok, peningkatan jalan Sis Aljufri, pembangunan TPI di Desa Tinombo, dan rehabilitasi jaringan irigasi di desa Palasa.

Menurut Badrun, beberapa hal yang ditemukan dalam peninjauan, diantaranya tentang pembangunan yang dilaksanakan tidak diketahui oleh camat bahkan kepala desa setempat.

Dalam peninjauan itu juga Badrun menekankan kepada pihak rekanan agar bekerja profesional tanpa mengabaikan aturan. Salah satu hal kecil yang telah ditegaskan dalam ketentuan dan tidak boleh dilanggar menurut Badrun, adalah pemasangan papan proyek.

“Pemasangan papan proyek itu perlu. Tujuannya adalah transparansi. Agar masyarakat tahu serta bisa mengawasi pekerjaan. Dan yang terpenting pelaksanaan pekerjaannya harus selesai tepat waktu,” tegasnya.|Metrosulawesi.com|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Istri Terima BLT Masuk Rekening Bank, Suami Curiga Istri Selingkuh

HEADLINE

Pesan Khusus Jokowi untuk Kepala Desa

HEADLINE

Presiden Jokowi : Tidak ada anak emas dan anak tiri, BaraJP harus sanggup menjaga pancasila

HEADLINE

Jakarta Mencekam Diteror BOM

HEADLINE

Gagal Paham ala Lapas

HEADLINE

Ini 5 RTLH Yang Akan Dibedah TNI di TMMD Kodim Demak

HEADLINE

DPC GMNI Batam : Indonesia "HARUS" keluar dari WTO.

DAERAH & DESA

50 % Hasil Tangkapan Cantrang tak Layak Konsumsi
WhatsApp WhatsApp Redaksi