Home / DAERAH & DESA / HEADLINE

Kamis, 21 Juli 2016 - 17:03 WIB

Kepala Desa, Bikin Teknologi Tepat Guna dari Dana Desa

Desa Merdeka – Balikpapan : Masyarakat pedesaan sebenarnya bisa memanfaatkan peluang dana desa untuk pembuatan dan pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG). Namun, kendalanya belum ada pemetaan potensi sumber daya lokal desa.

Hal itu diungkapkan Ivan Syahri Rangkuti, Kepala Sub Direktorat Teknologi Tepat Guna, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kepada Tribun usai Semiloka Teknologi Tepat Guna di Hotel Hakaya, Rabu (20/7/2016).

Baca Juga :  Luhut: Jangan Pakai Dana Desa Untuk Kawin Lagi

Dikemukakan, sesuai aturan Menteri Desa prioritas penggunaan dana desa 70 persen untuk pembangunan fisik dan 30 persen untuk pemberdayaan desa.

Yang terjadi, seperti termasuk desa- desa di Kalimantan Timur masih berpatokan pada pembangunan infrastruktur secara menyeluruh.

“Buat saya sebenarnya gunakan dana desa 100 persen tidak masalah. Tidak apa-apa, sepanjang dana desa yang digunakan tidak diselewengkan. Peruntukannya betul-betul untuk masyarakat desa setempat,” tutur Ivan.

Baca Juga :  Tanpa Pupuk Kimia, Durian Jumbo Ini Jadi Juara

Ia mengusulkan, desa sebaiknya gunakan dana desa sebesar 30 persen untuk pemberdayaan masyarakat desa berbasis teknologi yang nantinya bisa dipakai dalam organisasi Badan Usaha Milik Desa.

“Misalnya buat mesin teknologi pengolah hasil panen. Pembuatan mesinnya dari dana desa, tapi hasil karya orang-orang desanya. Nanti mesinnya dipakai buat badan usaha yang nanti bisa memutar ekonomi masyarakat desa itu sendiri,” katanya.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Simposium Nasional Membedah Tragedi 1965

HEADLINE

Bangun Ekonomi Desa Dengan Sinergitas Koperasi Dan BUMDes

HEADLINE

Menteri Marwan Ingatkan Pemkab Agar Tidak Persulit Dana Desa

DAERAH & DESA

CARUT MARUT SELEKSI PERANGKAT DESA

HEADLINE

BNP2TKI Lakukan Langkah Hukum Pada Penganiaya TKI di Hongkong

DAERAH & DESA

Banjir Terjang 4 Desa, 150 Rumah Terendam
Desa Uhak

DAERAH & DESA

Pola kelabui Masyarakat Desa Uhak dan Lirang dengan Surat Direktur PT BTR

HEADLINE

PELATIHAN PENGELOLAAN DANA DESA DARI APBN TAHUN 2016
WhatsApp WhatsApp Redaksi