Home / HEADLINE

Rabu, 12 Agustus 2020 - 00:14 WIB

Kemendes Gandeng BPKP Awasi Penggunaan Dana Desa

DESAMERDEKA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan sistem pengawasan Dana Desa di seluruh desa di Indonesia.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri menjelaskan, pengawasan dana desa perlu disempurnakan mengingat uang negara tersebut dikelola langsung oleh pemerintah desa yang sangat memiliki problematika berbeda-beda.

“Kompleksitasnya yaitu pengelola dana desa tentu adalah pemerintah desa dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dengan segala variabel yang ada, dengan segala sosial politik masyarakat yang ada,” ucap Gus Menteri di kantor BPKP Jakarta, Selasa (11/08/2020).

Baca Juga :  Gila... 9 Polisi Perkosa Gadis SMA...?

Kemendes PDTT, lanjut Gus Menteri, selalu melakukan penyempurnaan yang disesuaikan dengan kondisi desa untuk menutup celah penyelewengan dana desa, termasuk BLT Dana Desa yang diperuntukkan kepada warga yang terdampak Covid-19.

Doktor Honoris Causa dari UNY ini melanjutkan, masalah lain adalah terdapat pada regulasi yang tidak selaras antara Kemendes PDTT dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga :  Humas Lintas Kementerian Sepakat Sosialisakan Penggunaan Dana Desa

Kemendes PDTT memiliki kewenangan untuk menetapkan prioritas penggunaan dana desa, akan tetapi tidak memiliki hak memantau progres penggunaan dana desa, berapa dana yang sudah digunakan dan untuk apa saja.

“Ini yang kita diskusikan dan kayaknya solusinya itu ada di BPKP, nanti bagaimana BPKP memberikan solusi terkait sistem pengawasan dana desa ini,” pungkas Gus Menteri.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Ada skenario Kontra Intelijen di Hari Pattimura ?

HEADLINE

Wow … 2020 Hanya Sepertiga Orang Indonesia Tinggal di Desa

DAERAH & DESA

PERJUANGAN SEKDES PNS / NON PNS SULUT LEWAT WADAH FORSEKDESI TAHUN 2016

HEADLINE

Kokopi dan Tokopedia Perkuat Pamor Kopi Indonesia

HEADLINE

Telah Dibuka Beasiswa Penuh S1, S2, S3 Dari Kemdikbud

HEADLINE

DPC GMNI Batam : Indonesia “HARUS” keluar dari WTO.

HEADLINE

Calon pilkada curang bisa dibatalkan Bawasalu

HEADLINE

Kasihan !!!! Pegaram, Harga Garam Turun Terus
WhatsApp WhatsApp Redaksi