Home / HEADLINE

Rabu, 12 Agustus 2020 - 00:14 WIB

Kemendes Gandeng BPKP Awasi Penggunaan Dana Desa

DESAMERDEKA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan sistem pengawasan Dana Desa di seluruh desa di Indonesia.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri menjelaskan, pengawasan dana desa perlu disempurnakan mengingat uang negara tersebut dikelola langsung oleh pemerintah desa yang sangat memiliki problematika berbeda-beda.

“Kompleksitasnya yaitu pengelola dana desa tentu adalah pemerintah desa dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dengan segala variabel yang ada, dengan segala sosial politik masyarakat yang ada,” ucap Gus Menteri di kantor BPKP Jakarta, Selasa (11/08/2020).

Baca Juga :  Tekan Pungli Di Tingkat Desa, Dedi Mulyadi : Gaji Aparat Desa Harus Setara UMK

Kemendes PDTT, lanjut Gus Menteri, selalu melakukan penyempurnaan yang disesuaikan dengan kondisi desa untuk menutup celah penyelewengan dana desa, termasuk BLT Dana Desa yang diperuntukkan kepada warga yang terdampak Covid-19.

Doktor Honoris Causa dari UNY ini melanjutkan, masalah lain adalah terdapat pada regulasi yang tidak selaras antara Kemendes PDTT dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga :  Kapolri Pastikan Kondisi Tanah Karo Kondusif Pasca Kericuhan

Kemendes PDTT memiliki kewenangan untuk menetapkan prioritas penggunaan dana desa, akan tetapi tidak memiliki hak memantau progres penggunaan dana desa, berapa dana yang sudah digunakan dan untuk apa saja.

“Ini yang kita diskusikan dan kayaknya solusinya itu ada di BPKP, nanti bagaimana BPKP memberikan solusi terkait sistem pengawasan dana desa ini,” pungkas Gus Menteri.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Hardiknas Momen untuk Melakukan Refleksi di Bidang Pendidikan

HEADLINE

Dana Desa Ditargetkan Buka 1,25 Juta Lapangan Kerja Baru

HEADLINE

Menristek Gulirkan Program Beasiswa

HEADLINE

Gempa bumi mengguncang pantai Mesir dan Kanto Jepang

HEADLINE

Jepara Disuntik Rp175 Miliar Dana Desa

HEADLINE

Daerah Terpencil Sulit Dapat Akses Kredit, Ini Strategi OJK

HEADLINE

Menteri Disurati Pengembalian Nama Zawiyah Cot Kala

HEADLINE

Di SMS Petani, Dahlan Mampu Memberi Solusi
WhatsApp WhatsApp Redaksi