Home / HEADLINE

Jumat, 8 April 2016 - 14:55 WIB

Jepara Disuntik Rp175 Miliar Dana Desa

Desa Merdeka – Jepara : Tahun ini Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mendapatkan suntikan dana desa dari pemerintah pusat sebanyak Rp175 miliar. Jumlah tersebut meningkat 125 persen dari tahun sebelumnya.

Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Budiarso, menyampaikan, peningkatan alokasi dana desa itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan, alokasi dana desa tidak hanya untuk peningkatan infrastruktur, tapi juga peningkatan di sektor yang lain, seperti pendidikan dan kesehatan warga.

“Alokasi dana desa di Jepara meningkat 125 persen, harapannya program dan kegiatan yang didanai dana desa tepat sasaran dan produktif,” ujar Budiarso di hadapan ratusan aparat pemerintah desa di pendopo Kabupaten Jepara, Jum’at (8/4/2016).

Baca Juga :  Miliki Kesamaan Prinsip, Korsel dan Indonesia Sepakat Bangun Desa

Lebih lanjut Budiarso menguraikan, dengan alokasi sebesar Rp175 miliar itu, setiap desa di Kabupaten Jepara rata-rata bakal memperoleh dana desa Rp1,4 miliar.

“Pencairan dana desa kami ubah. Kalau tahun lalu pencairan dana desa tiga tahap, mulai tahun ini pencairan dana desa dua tahap. Pertama Rp600 juta pada bulan Maret, sisanya pada Agustus” papar Budiarso.

Baca Juga :  Menteri Desa Dukung Peningkatan Produktivitas Perempuan Pesisir

Budiarso melanjutkan, pihaknya mendorong pemerintah daerah untuk tidak terlalu lama menyimpan uang desa di kas daerah. Uang alokasi dana desa diharapkan dapat secepatnya langsung ditransfer ke kas desa.

Untuk dapat mencairkan dana desa, Budiarso menambahkan, selain syarat-syarat yang sudah ditentukan, tahun ini ada syarat tambahan. Salah satunya laporan penyaluran dan konsolidasi dana desa pada tahun sebelumnya.

“Dalam rangka akuntabilitas, syarat tambahan yaitu laporan penyaluran dan konsolidasi dana desa tahun sebelumnya,” pungkas Budiarso. |Metrotvnews.com|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Angkatan Laut Bina Desa Pesisir Lampung

HEADLINE

Gempa bumi mengguncang pantai Mesir dan Kanto Jepang

HEADLINE

Buruh Tidak Dalam Satu Gerakan Aksi

DAERAH & DESA

SATGAS selidiki penyebab naiknya harga daging ayam

HEADLINE

Desa Adat Mengepung Perairan dan Daratan ; Tolak Reklamasi Teluk Benoa

HEADLINE

LAYAK atau TIDAK, ANGKUTAN LAUT DI MALUKU BERLAYAR ?

HEADLINE

Porsi Dana Desa Makin Jumbo Sebesar Rp 46,9 Triliun

HEADLINE

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Dana Desa di Maros
WhatsApp WhatsApp Redaksi