Home / WARNA WARNI

Senin, 12 Maret 2018 - 14:00 WIB

Gulai Ikan Patin Khas Jambi

Desa Merdeka – Jambi : Gulai menurut wikipedia adalah masakan berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih.

Ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan.

Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

Baca Juga :  Walikota Ambon RL Back Up Korupsi Taman Kota Ambon

Masyarakat Jambi juga memiliki makanan gulai khas daerahnya, seperti gulai ikan patin. Sebenarnya penulis jarang memakan makanan ini, tetapi makanan yang ada gulainya penulis suka. Karena rasa gurih dari kuahnya.

Bahan utama gulai ikan patin adalah ikan patin itu sendiri. Gulai ikan patin dimasak dengan menggunakan tempoyak (daging buah durian yang telah difermentasi). Ada juga pengganti tempoyak, yakni santan kelapa. Tidak semua orang suka dengan bau dan rasa tempoyak yang menyengat. Gulai Ikan Patin khas Jambi juga sebaiknya disajikan ketika masih panas.

Baca Juga :  Hamas Tidak Mengakui Negara Yahudi, Ingin Menghapuskan Israel.

Manfaat dari makanan gulai ikan patin adalah menurunkan kolestrol jahat sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Gulai Ikan Patin khas Jambi mengandung beberapa gizi seperti vitamin A, omega 3, DHA dan EPA.

 

Sumber : Hatikuat

Share :

Baca Juga

WARNA WARNI

Aliansi Mahasiswa Islam(AMI) Deklarasi Dukung Jokowi-JK

WARNA WARNI

Anggaran Transfer Daerah & Dana Desa Disepakati Rp 664,6 Triliun

WARNA WARNI

SBY : UU Desa, Ini Tonggak Sejarah Baru Bagi Kita

WARNA WARNI

Babinsa Panen Padi Bersama Poktan Wonosalam

WARNA WARNI

Tolak Pemekaran Kecamatan,Kantor DPRD Muara Enim Digeruduk Massa

WARNA WARNI

Bupati MBD Biarkan Camat dan UPTD Potong Gaji ASN

WARNA WARNI

LSM GAPURA EXPO 2018 DP MAL SMG.

WARNA WARNI

Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Divonis Tiga Tahun
WhatsApp WhatsApp Redaksi