Home / DAERAH & DESA

Kamis, 19 April 2018 - 15:31 WIB

Dukung Citarum Harum, 7 Perusahaan di Karawang Tanam 3.600 Pohon

Desa Merdeka – Karawang : Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, bersama tujuh perusahaan melakukan aksi menanam pohon di bantaran Sungai Citarum, Kamis (19/4/2018). Sebanyak 3.600 pohon sumbangan dari perusahaan ini ditanam secara serentak di bantaran Sungai Citarum di Desa Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur.

“Penanaman pohon ini merupakan komitmen kita pemerintah daerah dan juga sejumlah perusahaan yang beroperasi di Karawang guna mendukung program pemerintah Citarum Harum. Kabupaten Karawang dilintasi Sungai Citarum sejauh 129 kilometer atau hampir setengah dari panjang Sungai Citarum yang mencapai 300 kilometer. Tentunya dukungan ini bisa memberikan dampak yang signifikan keberhasilan pemerintah,” kata Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan seusai kegiatan penanaman.

Baca Juga :  Empat Desa di Cugenang Kab. Cianjur tidak Ada Kepala Desa

Menurut Wawan, pemerintah daerah bersama tujuh perusahaan yaitu  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Multi Indo Mandiri, PT Pupuk Kujang, PT PLN, Pengelola Kawasan KIIC, PT HM Sampoerna, dan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa secara bersama melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum.

Pohon tersebut masing-masing sudah dipersiapkan oleh perusahaan berdasarkan jenis yang dibawa perusahaan. “Jenis pohonnya macam-macam seperti pohon mangga, mahoni, dan bambu. Setiap perusahaan boleh memilih jenis pohon tersebut dan kemudian kita tanam bersama-sama,” katanya.

Baca Juga :  KRISIS AIR BERSIH HUKUM TUA DESA TANAMON TAGIH JANJI DINAS PU MINSEL

Wawan mengatakan, Sungai citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang memiliki panjang 300 km, dan 120 kilometer berada di Karawang. Namun, sangat disayangkan kondisi saat ini Sungai Citarum dicemari limbah domestik, limbah industri dari pabrik, dan limbah peternakan dan perikanan.

“Padahal Sungai Citarum memiliki fungsi vital dan bermanfaat karena bisa menjadi sumber air minum bagi masyarakat dalam jangka panjang.”

Sumber : SindoNews

Share :

Baca Juga

Cegah Karlahut, Asian Agri Gencar Sosialisasikan Desa Bebas Api

DAERAH & DESA

Cegah Karlahut, Asian Agri Gencar Sosialisasikan Desa Bebas Api

DAERAH & DESA

Banyak daerah belum cairkan Dana Desa

DAERAH & DESA

Komisi A Perjuangkan Dana Desa untuk Balai Desa

DAERAH & DESA

Pemerintah cuek petani alih profesi jadi penambang batu akik

DAERAH & DESA

IKADI Latih DAI Muda Kota Banda Aceh

DAERAH & DESA

Dana desa terlambat, bupati & walikota harus ditindak

DAERAH & DESA

Banjir melanda lima desa

DAERAH & DESA

PENGAWASAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MEMBUAT KAPITALAO KABUPATEN SITARO WAS-WAS
WhatsApp WhatsApp Redaksi