Home / DAERAH & DESA / PUSAT

Senin, 23 Maret 2015 - 19:16 WIB

Di Demak, Menteri Desa Dorong BUMDes Berbasis Perikanan

Desamerdeka – Jakarta Saat berkunjung ke Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar menyoroti potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis perikanan.
“Kabupaten Demak yang mempunyai banyak potensi seperti perikanan, daerah pesisir, dan UMKM. Banyaknya potensi itu, diharapkan bisa menjadikan sebagai Desa Mandiri.
marwan_jafar
Dan BUMDes bisa membantu mengelolanya agar potensi itu bisa lebih tersistematis pemasarannya,” ujar Marwan Jafar dalam pernyataan yang diterima Kompas.com.
Di depan puluhan aparatur Desa dan APDESI, di Pendopo Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (23/3/2015), Marwan menegaskan pentingnya membentuk BUMDes untuk meningkatkan perekonomian warga. Dana desa yang akan dikucurkan pada April nanti diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membentuk BUMDes sesuai potensi daerahnya masing-masing.
“Jika perekonomian masyarakat desa berjalan baik, secara tidak langsung akan berdampak pada pertumbuhan nasional semakin bagus. Tentu itu harus dimulai dari desa. BUMDes merupakan kewajiban jika desa mempunyai potensi ekonomi,” ujar Menteri Marwan.
Dengan membentuk industri-industri kreatif di masing-masing desa, BUMDes menurut Marwan bisa menjadi penggerak ekonomi pedesaan.
Di tempat yang sama, Bupati Demak, HM Dachirin Said turut menghimbau kepada seluruh aparat desa yang tergabung dalam APDESI untuk merumuskan program kerja yang berdifat strategis dan sejalan dengan pemerintah daerah dan pusat.
“APDESI Demak bisa melakukan hal-hal yang progresif. Dalam penyaluran aspirasi, hendaknya tidak menyalurkan secara individu-individu agar tidak parsial. Saya harapkan semua bergerak secara kolektif,” Menteri Marwan.

Baca Juga :  Anggaran untuk 4 Distrik di Tambrauw dari Manokwari Dipertanyakan

Sumber : Kompas.com

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Dua desa korban abrasi parah di Pantura Tangerang

PUSAT

Menteri Ingin Aset Desa Dikelola oleh Desa

HEADLINE

Jika Terlibat Politik Praktis, Pendamping Desa Diberhentikan

PUSAT

Dana Desa Sebesar Rp 750 Juta Siap Turun Bulan Depan

DAERAH & DESA

Soal Banjir Citarum, Pemerintah Belum Miliki Sistem Warning

DAERAH & DESA

Aktivis Anti Korupsi akan Menyurati Mabes Polri agar Polda Maluku Pertanggung jawabkan kasus MBD.

DAERAH & DESA

Budi Karya; Pastikan Peraturan Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi 12 Maret Beroperasi

PUSAT

Daerah Keluhkan BPJS dan Pengelolaan Dana Desa
WhatsApp WhatsApp Redaksi