Home / DAERAH & DESA

Kamis, 12 Mei 2016 - 07:41 WIB

Desa Punya Kewenangan Manfaatkan CSR Perusahaan

Desa Merdeka – Penajam : Desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memiliki wewenang untuk memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Khususnya di wilayah ring satu operasional perusahaan,”ujar Kabid Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM – PD) PPU, Margono Hadi Sutanto, kepada Koran Kaltim, kemarin.

Ia menerangkan dalam proses pembangunan, perusahaan yang beroperasi di wilayah PPU, memiliki peran melalui Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung dan membantu pembangunan di wilayah itu.

Menurutnya, CSR wajib dilaksanakan oleh perusahaan, karena sudah ada undang-undang yang mengatur tentang CSR dan merupakan kewajiban bagi perusahaan yang harus dilaksanakan.

Baca Juga :  KA Lodaya Anjlok, Jalur Selatan Lumpuh

Namun, lanjutnya, dari sekian banyak perusahaan di PPU, CSR yang tepat sasaran hanya dilakukan oleh beberapa perusahaan saja, seperti pembangunan jalan dan pemberian beasiswa. Sementara lainnya dinilai tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu, tambah Margono, ke depan harus ada inovasi baru yang dilakukan agar CSR tersebut dapat sesuai target. Bentuk CSR jangan hanya stagnan dengan program-program yang sifatnya hanya seremonial saja, harus ada inovasi baru dan tepat sasaran langsung menyentuh ke masyarakat.

Ia menjelaskan, pemerintahan desa dan perusahaan harus bersinergi dalam penggunaan CSR, pemerintah desa maupun masyarakat harus mempunyai konsep program yang baik dan jelas untuk mengajukan bantuan CSR, sehingga perusahan juga tidak ragu untuk memberikan CSR-nya.

Baca Juga :  Lebih Mendekatkan Diri dengam Masyarakat Polsek Jailolo Selatan Melaksanakan Kopple (Kopi dan Gaple) Kamtibmas

Diakuinya, terkadang ada perusahaan ragu mendapatkan pengajuan usulan CSR yang kurang jelas peruntukan dan pengelolanya, sebab mereka tidak mau CSR itu dilaksanakan namun tidak tepat sasaran. “Jika usulan dan permohonan untuk mendapatkan CSR tidak jelas peruntukannya tentu perusahaan ragu memberikan CSR-nya. Oleh karena itu, pangajuan usulan CSR harus dilakukan secara matang dan tepat sasaran sesuai dengan maksud dan tujuan keberadaan CSR,”pungkasnya. |korankaltim.com|

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Anggota DPRD Deli Serdang Tuntut Kreativitas dari Dinas Perikanan dan Kelautan

DAERAH & DESA

Ini Diduga Penyebab Anggota Polres Karawang Tembak Kepala Sendiri

DAERAH & DESA

Pemerintah Targetkan 150 Desa Organik Pada Tahun 2019

DAERAH & DESA

Perangkat Desa se-Jawa Siap Geruduk Kemendagri

DAERAH & DESA

Sejumlah Desa di Pulang Pisau Kalteng Kebanjiran, Ketinggian Air 2 Meter

DAERAH & DESA

Bandara Sukarno-Hatta II Dipastikan Dibangun di Karawang

DAERAH & DESA

DPR Apresiasi Usulan BumDes Jadi Distributor Beras

DAERAH & DESA

Pemda MBD Kembali Ukur Tanah 350 ha, Keluarga di Intimidasi
WhatsApp WhatsApp Redaksi