Home / DAERAH & DESA

Rabu, 4 Maret 2015 - 16:48 WIB

Desa di Sukabumi Ini Pembuat Dokumen Palsu TKI

Desamerdeka – Sukabumi Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah meminta polisi melakukan pengusutan di desa Tegal Lega, Kecamatan Cidolok, Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, desa itu selalu mengeluarkan dokumen palsu bagi para Tenaga Kerja Indonesia.
“DesaTegal Lega, Kecamatan Cidolok di Kabupaten Sukabumi yang kerjanya hanya mengeluarkan dokumen palsu terhadap calon TKI hendaknya juga diusut,” kata Anis Hidayah, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (3/3).
Praktik menerbitkan dokumen palsu seperti akte kelahiran hingga KTP di Desa Tegal Lega sudah berlangsung sangat lama. Sistemnya juga terjadi secara dan terstruktur. Seluruh aparat desa setempat diduga terlibat dalam praktik kotor itu.
dokumen palsu TKI
“Modusnya, antara lain mengeluarkan dokumen palsu yang berhubungan dengan tahun kelahiran calon TKI yang biasanya dimundurkan hingga calon TKI memenuhi persyaratan dari sisi usia,” tambah Anis.
Ciri-ciri dokumen palsu yang dikeluarkan Desa Tegal Lega dapat dilihat dari tanggal dan bulan kelahiran calon TKI. Selain itu, bisa juga dilakukan pengecekan terhadap TKI yang sudah berangkat.
“Umumnya, dokumen palsu yang dikeluarkan Desa Tegal Lega mencantumkan tanggal lahir 31 Desember. Setelah saya telusuri, ternyata 31 Desember merupakan waktu yang paling mudah untuk diingat untuk menjawab pertanyaan pihak-pihak terkait nantinya,” tegas Anis.

Baca Juga :  Gambaran Kecil Harta Karun Migas Maluku

Sumber : JPPN.Com

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Amril Mukminin Kecewa 2 Ambulan Desa “Mangkrak” di Bengkel

DAERAH & DESA

SATGAS selidiki penyebab naiknya harga daging ayam

DAERAH & DESA

Empat Desa di Cugenang Kab. Cianjur tidak Ada Kepala Desa

DAERAH & DESA

Warga Mengungsi ke gedung DPRD Kendal selepas tanah dan rumahnya digusur paksa untuk pembangunan jalan tol

DAERAH & DESA

Polda Metro Usulkan Ganjil Genap Sepeda Motor di Thamrin

DAERAH & DESA

Generasi Muda Maluku Mampu Berikan Kontribusi Bagi Pembangunan Bangsa.

DAERAH & DESA

Sanggau Persiapkan 15 Desa Fokus

DAERAH & DESA

Tanah Perkebunan PT. Nusa Ina ATM Aketernate digugat.
WhatsApp WhatsApp Redaksi