Home / DAERAH & DESA

Rabu, 4 Maret 2015 - 16:48 WIB

Desa di Sukabumi Ini Pembuat Dokumen Palsu TKI

Desamerdeka – Sukabumi Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah meminta polisi melakukan pengusutan di desa Tegal Lega, Kecamatan Cidolok, Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, desa itu selalu mengeluarkan dokumen palsu bagi para Tenaga Kerja Indonesia.
“DesaTegal Lega, Kecamatan Cidolok di Kabupaten Sukabumi yang kerjanya hanya mengeluarkan dokumen palsu terhadap calon TKI hendaknya juga diusut,” kata Anis Hidayah, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (3/3).
Praktik menerbitkan dokumen palsu seperti akte kelahiran hingga KTP di Desa Tegal Lega sudah berlangsung sangat lama. Sistemnya juga terjadi secara dan terstruktur. Seluruh aparat desa setempat diduga terlibat dalam praktik kotor itu.
dokumen palsu TKI
“Modusnya, antara lain mengeluarkan dokumen palsu yang berhubungan dengan tahun kelahiran calon TKI yang biasanya dimundurkan hingga calon TKI memenuhi persyaratan dari sisi usia,” tambah Anis.
Ciri-ciri dokumen palsu yang dikeluarkan Desa Tegal Lega dapat dilihat dari tanggal dan bulan kelahiran calon TKI. Selain itu, bisa juga dilakukan pengecekan terhadap TKI yang sudah berangkat.
“Umumnya, dokumen palsu yang dikeluarkan Desa Tegal Lega mencantumkan tanggal lahir 31 Desember. Setelah saya telusuri, ternyata 31 Desember merupakan waktu yang paling mudah untuk diingat untuk menjawab pertanyaan pihak-pihak terkait nantinya,” tegas Anis.

Baca Juga :  Ogah Urus 'Masjid ISIS', Ini Alasan Warga Dusun Sempu

Sumber : JPPN.Com

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Kades diberi Warning Dewan

DAERAH & DESA

Wawancara tentang Kemiskinan Maluku disebabkan Lemahnya Infra Struktur Ekonomi .

DAERAH & DESA

Satu Keluarga, Ayah Ibu dan 2 Anaknya Tewas Keracunan Asap Genset

DAERAH & DESA

PMI Kabupaten Demak Adakan Pelatihan SIBAT di Wedung

DAERAH & DESA

Wawancara ‘Kemiskinan Maluku karena Miskin Infra Struktur Dasar Ekonomi’

DAERAH & DESA

Undang-Undang Desa Bertabrakan dengan Keistimewaan DIY

DAERAH & DESA

Ranting Pohon Menancap Tembus Leher hingga Mulut, Bocah Ini Selamat

DAERAH & DESA

RAKOR PERSIAPAN TMMD SENGKUYUNG I WILAYAH KODIM 0716/DEMAK
WhatsApp WhatsApp Redaksi