Home / HEADLINE

Senin, 18 April 2016 - 23:08 WIB

Dana Desa Ditarget Kurangi 6,56 Persen Penduduk Miskin

Desa Merdeka – JAKARTA : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menargetkan dana desa 2016 berkontribusi mengurangi 6,56 persen masyarakat miskin di desa dari total perkiraan jumlah penduduk miskin saat ini yang mencapai 17,77 juta jiwa.

“Dengan dana desa ini, masyarakat miskin di desa diharapkan memperoleh kesempatan bekerja dan memperbaiki kondisi ekonomi. Kami asumsikan tenaga kerja terserap melalui penyaluran dana desa adalah masyarakat miskin, yakni berkisar antara 1,2 juta jiwa,” ujar Marwan, Senin (18/4).

Baca Juga :  Menteri Desa Minta Kiai Terlibat Dalam Pembangunan

Selain itu, Marwan juga memperkirakan dari total Rp 47 triliun dana desa 2016, sekitar 60 persennya atau Rp 28,14 triliun akan dipergunakan untuk investasi infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur nantinya diyakini mampu menyerap 1,9 juta tenaga kerja dengan jenis pekerjaan selama 3-6 bulan.

“Kalau dari aktivitas pengembangan ekonomi di pedesaan, kami asumsikan berimplikasi terhadap penyerapan tenaga kerja sejumlah 457.280 orang yang lebih permanen,” ujarnya.

Karena itu Marwan mengaku akan terus mendorong kelancaran penyaluran dana desa dapat benar-benar terlaksana. Tahun ini menurutnya, dana desa akan disalurkan lewat dua termin.

Baca Juga :  Setya Novanto Ketua Umum Terpilih Golkar 2014-2019

Tahap pertama telah dimulai sejak Maret lalu, sebanyak 60 persen. Sementara termin kedua Agustus mendatang, pemerintah akan menggelontorkan 40 persen sisanya.

“Tahun lalu (2015), penyaluran dana desa relatif lancar meskipun pada awalnya terkendala karena beberapa peraturan yang dianggap terlalu rumit. Tapi ini akhirnya bisa disederhanakan dengan lahirnya SKB 3 Menteri,” ujar Marwan. |gir/jpnn|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Oknum Sekdes di Kampar Kiri Dituding Gelapkan Dana Desa

DAERAH & DESA

INPEX Perlu Dicurigai, Harus Berkantor di Ambon

HEADLINE

IPB Bikin Seminar “Dari Desa Untuk Indonesia”

HEADLINE

Ada skenario Kontra Intelijen di Hari Pattimura ?

HEADLINE

Ribuan Buruh FSPMI Demo di Bundaran Hotel Indonesia

HEADLINE

Panglima TNI : Kerjasama TNI dan SAF Semakin Kuat

HEADLINE

Bermodal RPJMdes dan RKPdes, Desa Bisa Dapat Rp 1,4 Miliar

HEADLINE

Laporan Belum Masuk, Dandes Tahap 2 di Kotamobagu Belum Bisa Cair
WhatsApp WhatsApp Redaksi