Home / DAERAH & DESA

Selasa, 8 Oktober 2019 - 21:52 WIB

Bima Arya Sugianto : Jadikan UMKM Sebagai Identitas Kita

Setelah sukses dengan acara edisi ketiga Gebyar UKM Indonesia 2018 yang dihadiri hampir 8.000 UKM dari seluruh Indonesia, MarkPlus, Inc. lewat MarkPlus Institute, kembali bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, menggelar Edisi ke-4 dengan nama baru Galang UKM Indonesia 2019 yang hadir di 25 kota – kabupaten di Indonesia Indonesia.

Dengan mengusung tema “Menuju UKM Brilian : Kreatif – Inovatif – Kompetitif” diharapkan UKM Indonesia yang berdaya saing tinggi akan tampil percaya diri menghadapi persaingan yang semakin kompetitif ditingkat nasional maupun global.

“Sudah bukan waktunya kita hanya bersaing di dalam negeri, terutama dalam hal kewirausahaan. Harus punya kemauan, tekad, dan inovasi agar bisa bersaing kancah internasional,” ujar Founder & Chairman MarkPlus, Inc. yang juga Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya.

Gelaran Galang UKM kali ini digelar di Bogor pada Selasa, 7 Oktober 2019 dan merupakan kota ke-10 (sepuluh), 2019 setelah sebelumnya hadir di kota Mataram pada Kamis, 3 Oktober 2019. Roadshow di 25 kota dan kabupaten, Galang UKM Indonesia 2019 dimulai 5 September di Samarinda dan berakhir 25 November di Banyuwangi. Khusus di Bogor, gelaran ini diberi nama Galang UMKM Indonesia 2019 Bogor.

Baca Juga :  PETANI Menyayangkan Dirut Bulog Budi Waseso Memerintahkan TNI/Polri Jualan Beras.

Kegiatan Galang UKM Indonesia 2019 Bogor terdiri dari tiga rangkaian agenda utama, yakni penghargaan Natamukti dan apresiasi dari ICSB Indonesia Presidential Award bagi para pihak yang mendukung dan berkontribusi positif terhadap kemajuan UKM di Indonesia, seminar UKM, seminar untuk menambah wawasan para pelaku UKM, serta pameran dan kurasi UKM Brilian, yakni sesi pameran & seleksi para pelaku UKM di setiap kota untuk memperoleh predikat UKM BRILIAN 2019.

Dalam acara ini, hadir para kepala daerah dan para pelaku UKM yang membagikan ilmunya kepada masyarakat. Selain Hermawan, hadir Wali Kota Bogor Bima Arya, Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Rully Indrawan dan Jacky Mussry, Chairman ICSB (International Council for Small Business) Indonesia.

Dan untuk membantu para kepala daerah agar terus memacu UMKM-nya berkembang, Hermawan Kartajaya bersama ICSB Indonesia sejak tiga tahun lalu memperkenalkan Penghargaan Natamukti. Penghargaan ini adalah apresiasi bagi para daerah yang dianggap berhasil memajukan UMKM-nya.

Baca Juga :  3.000 ton beras digelontorkan di Jakarta

Penghargaan ini dibagi menjadi tiga kategori. Natamukti diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang berhasil dalam mempromosikan UMKM lokal, mendorong peningkatan kualitas produk UMKM lokal, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Adapula Natamukti Ganapravara. Penghargaan ini diberikan kepada pemenang Natamukti Nindya tahun-tahun sebelumnya yang terus menunjukkan kinerja bagus di tahun berikutnya. Atau dengan kata lain, mereka adalah yang sudah pernah meraih Natamukti Nindya dan hingga kini terus menunjukan kinerja positif dalam memajukan UMKM di daerahnya.

Natamukti Nindya sendiri adalah penghargaan tertinggi dari Natamukti. Kota atau kabupaten peraih Natamukti Nindya adalah terbaik dari yang terbaik dari semua peraih Natamukti.

Penentuan penerima Penghargaan Natamukti ini dilakukan melalui proses panjang. Dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah, yang kemudian diverifikasi di lapangan oleh tim ahli ICSB mengacu pada Model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang Terpercaya, Terdepan, dan Teratur.

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Maluku Termasuk Dalam 4 Kategori Korupsi .

DAERAH & DESA

Waduch, Di Desa Ini Tak Memiliki Bidan

DAERAH & DESA

Banjir dan Longsor di Sibolga, 3 Meninggal, 3 Rumah Rusak Berat

DAERAH & DESA

Cara meraup rupiah dari ex tambang pasir

DAERAH & DESA

Swalayan Bisa Ditutup Jika Menjual Produk Kedaluarsa

DAERAH & DESA

Anggota DPRD Deli Serdang Tuntut Kreativitas dari Dinas Perikanan dan Kelautan

DAERAH & DESA

Pemda MBD Kembali Ukur Tanah 350 ha, Keluarga di Intimidasi

DAERAH & DESA

Tuny: Kapolda Diminta Evaluasi Kapolsek Teluk Elpaputih.
WhatsApp WhatsApp Redaksi