Home / HEADLINE / SIARAN PERS

Selasa, 3 Mei 2016 - 15:40 WIB

Beasiswa Bagi Lulusan SMA Indonesia Untuk Kuliah di Negara Sakura

Desa Merdeka – Jakarta : Pemerintah Jepang menawarkan beasiswa kepada lulusan sekolah lanjutan atas dari berbagai daerah Indonesia untuk kuliah di Negara Sakura.

Pendidikan tinggi yang ditawarkan Pemerintah Jepang meliputi universitas (S1), institut teknologi (D3) atau perguruan tinggi pelatihan profesional (D2), demikian siaran pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Selasa.

Para pelamar beasiswa hanya bisa mendaftar satu program antara S1, D3, atau D2.

Pendaftaran beasiswa tahap pertama dimulai pada 2 Mei hingga 16 Mei 2016, dan hanya diperuntukkan bagi pelamar lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya.

Selanjutnya, pendaftaran tahap kedua dimulai pada 24 Mei hingga 9 Juni 2016, yang hanya terbuka bagi pelamar lulusan tahun 2016.

Baca Juga :  Gambar TKI Sakit beredar di Sosmed, Jumhur Angkat Bicara

Adapun syarat-syarat untuk beasiswa pemerintah Jepang tersebut, antara lain pelamar harus warga negara Indonesia (WNI); bertanggal lahir antara 2 April 1995 sampai dengan 1 April 2000; memiliki nilai minimal rata-rata ujian nasional 8,4 untuk program S1, nilai 8 untuk program D3 dan D2.

Jika pada saat penutupan, pada 9 Juni 2016, Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka surat keterangan hasil ujian nasional sementara dari kepala sekolah bisa diterima.

Bagi siswa/siswi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional, nilai akan disetarakan, maka pelamar perlu melampirkan hasil ujian akhir dan transkrip nilai seluruh semester.

Baca Juga :  Abraham Samad: Cegah Kebocoran APBN 2018

Selain itu, para pelamar beasiswa harus lulus dari SMA/setingkat terlebih dahulu–bagi yang menggunakan sistem kelulusan nasional, atau akan lulus maksimal pada 31 Maret 2017 bagi yang menggunakan sistem kelulusan standar internasional.

Untuk prosedur pendaftaran, pelamar harus mengisi formulir aplikasi yang dapat diunduh dari situs resmi Kedutaan Besar Jepang, yaitu www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html

Pelamar beasiswa harus melakukan registrasi secara online melalui link yang tertera pada situs resmi kedutaan Jepang itu, lalu mencetak konfirmasi registrasi online yang berisi nomor ujian yang dikirimkan ke e-mail pelamar.

Untuk keterangan lebih lanjut, pelamar dapat menghubungi Kedutaan Besar Jepang melalui alamat e-mail (beasiswa@dj.mofa.go.jp). |Ant|

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Jangan Kaitkan UU Desa dengan Komunisme
Kasus Penistaan Agama Diproses Hukum

HEADLINE

Kasus Penistaan Agama Diproses Hukum, Wiranto: Demo 4 November Harus Bubar Pukul 18.00

HEADLINE

Tanpa “pemberitahuan” Warga, 7 Trailer angkut Besi di Sandera

HEADLINE

Menteri Desa Diminta Fokus dan Tak Terpengaruh Kegaduhan Politik

SIARAN PERS

TUNTUTAN EKS PNPM SOAL PENDAMPING DESA LANGGAR ATURAN

HEADLINE

LKP : Golkar Diprediksi Menang Pileg, Kalah Pilpres

SIARAN PERS

Potensi IoT Wujudkan Smart City di Indonesia

HEADLINE

Jet Israel Membom fasilitas Senjata Suriah, Terjadi ‘Ledakan Dahsyat.
WhatsApp WhatsApp Redaksi