Home / DAERAH & DESA / PUSAT

Jumat, 5 Juni 2015 - 05:26 WIB

APBDes disyahkan minggu ini, tahun depan naik

Desa Merdeka : Desa yang belum mendapatkan rekomendasi pencairan dana desa ditargetkan minggu ini bisa mengesahkan APBDes. Dengan harapan, dana desa segera bisa digunakan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Kabag Pemdes Setda Sleman Mardiyono mengatakan, salah satu syarat mendapatkan dana desa yang berasal dari APBN itu, desa harus sudah mengesahkan APBDes. Rata-rata APBDes di masing-masing desa masih dalam taraf evaluasi di kecamatan.

“Masih banyak yang belum mendapat rekomendasi karena desa-desa belum mengesahkan APBDes. Kami targetkan, minggu ini sudah bisa disahkan agar segera mendapatkan rekomendasi dari kami untuk pencairan dana desa,” kata Mardiyono kepada KRjogja.com, Rabu (03/06/2015).

Tahun ini Kabupaten Sleman mendapat dana desa sebesar Rp 28 miliar. Komposisi pembagian dana desa, 90 persen dibagi rata dan 10 persen berdasarkan kriteria jumlah penduduk.

Baca Juga :  Kementerian Infrastruktur diharapkan Fokus ke Desa

“Kalau dulu, antara desa satu dengan lainnya tidak sama karena komposisi berdasarkan kriteria jumlah penduduk. Tapi setelah direvisi, setiap desa akan mendapatkan dana sekitar Rp 300 juta. Kalau pun beda, tidak beda jauh,” paparnya.

Terpisah Kades Margodadi Sleman Subandi P mengaku, APBDes Desa Margodadi saat ini masih menunggu evaluasi di kecamatan. Belum disahkan APBDes itu karena kemarin menunggu dana Pilkades.

“Kenapa kami lama mengesahkan APBDes karena menunggu nominal Pilkades yang dimasukkan dalam RAPBDes. Kalau pembahasan lainnya, tidak ada masalah,” kata Subandi.

Desa Margodadi akan mendapatkan dana desa sebesar Rp 260 juta. Jika dana itu sudah cair, rencananya dibagi ke masing-masing padukuhan dan untuk pembangunan tingkat desa.

“Masing-masing padukuhan nanti akan mendapatkan dana sekitar Rp 30 juta yang bersumber dari dana desa, Alokasi Dana Desa (ADD) dan PAD. Namun sebelum mendapat dana, padukuhan harus membuat proposal sesuai RPJMDes,” jelasnya.

Baca Juga :  KONGRES PANGAN DUNIA, 2 Desa di Boyolali Mulai Siapkan Sawah Percontohan

Naik

menteri-keuangan-bambang-brodjonegoro-1Dana desa tahun depan akan dinaikkan menjadi 6%-7% dana transfer daerah dari 3% tahun ini.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan peningkatan itu dilakukan sebagai wujud desentralisasi fiskal. Bahkan ke depan, jumlah anggaran transfer ke daerah dan dana desa akan lebih tinggi dari total belanja kementerian/lembaga.

“Kami akan susun nanti di nota keuangan (RAPBN 2016), bahwa transfer ke daerah dan dana desa lebih besar dari belanja K/L untuk menunjukkan negara ini adalah negara yang terdesentralisasi,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (4/6/2015).

Dalam APBN Perubahan 2016, pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengalokasikan Rp20,8 triliun atau 3% dari dana transfer ke daerah Rp664,6 triliun.

Sumber: krjogja.com/bisnis.com

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Hakim Perintahkan Jaksa Jemput Paksa Said Assagaff

DAERAH & DESA

Di Demak, Menteri Desa Dorong BUMDes Berbasis Perikanan

DAERAH & DESA

DPP PDIP harus Pertimbangkan Ulang Kepemimpinan EH sebagai Ketua DPD PDIP Maluku.

DAERAH & DESA

Kades Terpilih Mesti Paham Program Desa Madu Kutai Timur

PUSAT

Menteri Desa: Pasar Desa Jadi “Pilot Project”, Jalanannya Tak Boleh Becek

DAERAH & DESA

13 Desa di Kabupaten Cirebon Diterjang Bencana

DAERAH & DESA

Tak Mampu Kelola Dana Desa, Sejumlah Kades Mengundurkan Diri

DAERAH & DESA

Pemprov Sumut Dapat Hibah 3 Perahu Karet
WhatsApp WhatsApp Redaksi