Home / DAERAH & DESA

Senin, 19 Januari 2015 - 19:45 WIB

Anggota DPRD Deli Serdang Tuntut Kreativitas dari Dinas Perikanan dan Kelautan

LUBUK PAKAM – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi B dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Deli Serdang, Jumat (16/1/15) di Gedung DPRD Kabupaten Deli Serdang. Rapat kali ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. Ikhsan Risyad Marbun M.Si.

Dalam rapat kali ini membahas terkait pembuatan perda atau legal drafting yang memberikan payung hukum bagi Dinas Perikanan dan Kelautan. Perda ini nantinya dapat secara leluasa mendata dan memasukkan usaha-usaha yang dikembangkan di sektor perikanan, sehingga dapat terbina dan memperoleh bantuan secara maksimal. Selain itu perda ini juga membahas mengenai perbaikan taraf hidup nelayan yang berada diwilayah Deli Serdang. Konversi lahan pertanian menjadi usaha budi daya ikan juga tidak luput dari pembahasan kali ini.

Baca Juga :  Sejarah Perangkat Desa Minut Siap Maju PILHUT

Cece Muhammad Romli anggota DPRD Kab. Deli Serdang mengatakan bahwa sumbangsih yang diberikan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan dinilai relatif masih kecil padahal alokasi dana APBD ke Dinas ini naik secara signifikan hingga 200%.

“Harusnya Dinas bisa lebih kreatif mencari dan menciptakan produk unggulan daerah, karena ini dapat memberikan masukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dana yang digelontorkan ke dinas ini menjadi tidak mubazir”. Ujar Cece, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga :  Kajati: Jangan Ada yang Ber-KKN dengan Dana Desa

Sebagaimana kita ketahui potensi Kab. Deli Serdang sangat beragam. Salah satunya dari wilayah pesisir yang memberikan beragam jenis konsumsi ikan sebagai bahan pangan yang potensial dikembangkan dan diproses, sehingga memiliki nilai tambah dan dapat dipasarkan keluar daerah. Bukan mustahil menjadi produk unggulan khas daerah. Ditambah lagi, Bandara Internasional Kualanamu terletak di kabupaten ini. Deli Serdang sendiri belum memiliki oleh-oleh khas. Wisatawan domestik maupun mancanegara masih mengenal Dodol Bengkel atau Bika Ambon sebagai oleh-oleh yang bukan berasal dari Deli Serdang. Dimana kita dapat mengambil keuntungan?

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

Mengapa Warga Nonpribumi Tidak Boleh Punya Tanah di Jogja?

DAERAH & DESA

Kades Baru di Bandung Dapat Pembekalan Keuangan Desa

DAERAH & DESA

Sungai Tarum Timur BTT 11 A amblas akibat jebolnya tanggul

DAERAH & DESA

Usai Baca SMS Putus dari Kekasih, Pemuda Kulonprogo Gantung Diri

DAERAH & DESA

Dana desa terlambat, bupati & walikota harus ditindak

DAERAH & DESA

Dusun Ini, Ada Tradisi Damar Kurung saat Lebaran

DAERAH & DESA

Bantu Nelayan di Labuan Banten, KSAL Gelar Operasi Bedah Desa Pesisir

DAERAH & DESA

APBDes disyahkan minggu ini, tahun depan naik
WhatsApp WhatsApp Redaksi