Home / WARNA WARNI

Kamis, 16 Juli 2015 - 01:04 WIB

Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman

Pelajaran sederhana bermakna dalam dari masyrakat Jawa…  “jangan mudah kagum (aja gumunan); jangan mudah menyesal (aja getunan) ; jangan mudah terkejut  (aja kagetan); jangan manja (aja aleman)”.

 “Aja Gumunan / jangan mudah kagum” adalah pelajaran untuk kita tidak mudah heboh atas sebuah peristiwa atau kejadian yang kita lihat. Kehebohan itulah yang justru membuat kita terlihat bodoh. Sikapi segala sesuatu dengan tenang dan anggap semuanya adalah kewajaran yang luar biasa.

“Aja Getunan / jangan mudah menyesal”! adalah pelajaran untuk selalu menyadari bahwa setiap hal yang kta puutuskan selalu mempunyai resiko, dan atas resiko yang terjadi maka kita harus selalu siap. Sesal kemudian tidak bergunan. Selalu berpikir postif dan belajar atas semua kejadian adalah hal yang lebih baik.

“Aja Kagetan / jangan mudah terkejut”, adalah pelajaran untuk kita bersikap  waspada, mawas diri, fleksibel, dan tidak reaktif.  Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, oleh karenanya jangan pernah meremehkan sesama! Bersikaplah secara wajar dan bijak.

“Aja Aleman / jangan manja”, hidup kita adalah tanggungjawab kita, setiap kewajiban kita perlu dikerjakan tanpa harus mendapat pujian dan sanjungan. Hidup tidak selalu mudah,   tidak perlu berkeluh-kesah dan merenggek  karena mengeluh dan merenggek tidak akan menyelesaikan maslah kita. Hidup itu mesti diperjuangkan dengan penuh kegigihan.

#edisikejawen

Share :

Baca Juga

WARNA WARNI

Pendampingan program & format laporan keuangan dipertanyakan

WARNA WARNI

Menjelajahi Surga Tersembunyi di Pulau Padar, Taman Nasional Komodo

WARNA WARNI

Pemerintah Tingkatkan Anggaran Dana Desa Menjadi Rp 20 Triliun

WARNA WARNI

KODIM 0716/DEMAK BAGIKAN BINGKISAN DARI PANGDAM IV/DIPONEGORO

WARNA WARNI

Menjelajah Desa Wisata Seputaran Borobudur di Magelang

WARNA WARNI

Terkuak, Pendaftaran Perangkat Desa ada Pungli

WARNA WARNI

Presiden dan PM Australia Lakukan Pertemuan Bilateral

WARNA WARNI

Pemkab Tanah Bumbu siap salurkan dana satu desa satu miliar tahap dua
WhatsApp WhatsApp Redaksi