Home / DAERAH & DESA

Senin, 4 April 2016 - 14:56 WIB

76 Orang Siap Ikut Ujian Paket C di Minsel

Desa Merdeka – AMURANG : Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan digelar Senin (4/4-2016). Bersamaan dengan itu paket C atau paket kesetaraan juga digelar untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang belum mengantongi ijazah SMA. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mentari menjadi satu-satunya PKBM yang menggelar Paket C.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ever Rarung, Sekretaris PKBM dan Panitia Penyelenggara. “Jumlahnya meningkat sekitar 150% dari tahun lalu. Jumlah peserta tahun lalu hanya sekitar 25 orang. Tapi sekarang mencapai 76 orang,” katanya.

Lokasi ujian bertempat di PKBM Mentari yang berlokasi di Desa Kilometer Tiga, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

Baca Juga :  Terobos Perlintasan Kereta, Kakek Pandil Meregang Nyawa

“Ada empat kelas yang akan kami gunakan. Satu kelas menampung hingga 20 murid, dengan dua orang pengawas dari luar PKBM. Persiapan sudah 100% dengan cara manual,” jelasnya.

Lanjut ever meningkatnya jumlah peserta karena adanya Peraturan Daerah (Perda) yang mengharuskan perangkat desa harus lulusan SMA.

“Selain gencarnya sosialisasi yang kami lakukan melalui pengeras suara dan juga ke desa-desa. Saya rasa perda yang mengharuskan perangkat desa minimal lulusan SMA juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan jumlah peserta tahun ini,” ujarnya. Berdasarkan data yang disodorkan, pesertaujian berumur mulai dari usia 18 tahun hingga 55 tahun.

Baca Juga :  Desa di Sukabumi Ini Pembuat Dokumen Palsu TKI

Dia berharap agar peserta yang sudah terdaftar tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. “Ada lulusan paket C 2 tahun lalu sudah kuliah. Ijazah Paket C bisa dipakai untuk kuliah dan kerja,” terangnya.

Ujian Paket C akan digelar selama empat hari mulai hari Senin (4/4) hingga Kamis (7/4). Jika peserta yang terdaftar berhalangan hadir karena sakit maka bisa mengikuti ujian tahap II dengan syarat membawa surat keterangan dokter.

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado

Share :

Baca Juga

DAERAH & DESA

PERKUMPULAN ADAT MEP SULUT ANGKAT BICARA SOAL KONTROVERSI PENGHENTIAN PRODUKSI CAPTIKUS

DAERAH & DESA

DPP PDIP harus Pertimbangkan Ulang Kepemimpinan EH sebagai Ketua DPD PDIP Maluku.

DAERAH & DESA

Anggota DPRD Deli Serdang Tuntut Kreativitas dari Dinas Perikanan dan Kelautan

DAERAH & DESA

Kasihan Warung Air Kedungmalang Jepara Tak Kucurkan Air Lagi

DAERAH & DESA

Alsan knapa jarang anak muda yang mau menetap di desa?

DAERAH & DESA

Positiv Bakudapa Warga Maluku dengan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional

DAERAH & DESA

APP KEMBANGKAN 500 DESA MAKMUR PEDULI API

DAERAH & DESA

Menteri meminta Wakil Gubernur mencopot pagar Taman Monas
WhatsApp WhatsApp Redaksi